Sukses

120 Ribu Buruh Akan Kepung Istana Saat May Day

Aksi ini juga akan diikuti buruh lainnya dari 20 provinsi di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta akan diserbu para buruh yang datang dari berbagai daerah pada 1 Mei 2014. Menurut Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), ada 120 ribu orang dari kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang akan turun ke jalan Jakarta saat merayakan May Day tersebut.

"Dalam perayaan May day 2014, 120 ribu buruh se-Jabodetabek bersama 10 ribu guru honor akan melakukan aksi di Istana Negara dan Stadiun Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, di Jakarta, Minggu.

Said mengatakan, aksi buruh di wilayah Ibukota itu bakal diikuti buruh lainnya dari 20 provinsi di Tanah Air.

Terkait status kerja guru honor dan tenaga honorer, KSPI mendesak 1,6 juta guru honor dan tenaga honorer diangkat secara bertahap menjadi PNS.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga diminta memberikan subsidi Rp 1 juta per orang per bulan dari APBN untuk guru honor dan tenaga honorer.

KSPI sebelumnya menyatakan pihaknya akan memperjuangkan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) untuk buruh hingga sebanyak 30 persen pada 2015 saat aksi perayaan May Day pada 1 Mei 2014.

"Dalam perayaan May Day 1 Mei 2014 nanti, isu yang serius diperjuangkan kaum buruh salah satu di antaranya adalah kenaikan upah minimum 2015 sebesar 30 persen," ucap Said.

Menurut Said, hal itu penting diperjuangkan karena pada 2015 mulai diberlakukannya pasar tunggal ASEAN untuk negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Dalam mekanisme pasar tunggal ASEAN itu, ujar dia, negara wajib melindungi kesejahteraan kaum buruhnya selain mengatur mekanisme pasar tunggal ASEAN agar industri nasional tidak terpuruk yang mengakibatkan terjadinya PHK massal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini