Sukses

Sambangi Pasar Senen, Jokowi Dielukan Pedagang

Jokowi didampingi polisi dan pengaman terus berkeliling melihat kondisi pasar tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Jokowi kembali mendatangi lokasi kebakaran Pasar Senen, Jakarta Pusat. Pria bernama lengkap Joko Widodo itu sempat menerobos bumbungan asap hitam di Gedung Unit Pasar Besar (UPB) Pasar Senen Blok III, sore ini.

Jokowi tiba di Pasar Senen, Sabtu (26/4/2014) pukul 16.15 WIB. Mengenakan setelan kemeja putih dan celana hitam, dia disambut Direktur Utama PD Pasar Jaya Djingga Lubis dan Walikota Jakarta Pusat Saefullah.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, setelah berbincang dengan Dirut Pasar Jaya, mantan walikota Solo ini menaiki gedung yang hangus terbakar tersebut. Sontak, ketika Jokowi menerobos kepulan asap, langsung disambut tepuk tangan dan teriakan semangat dari korban kebakaran Pasar Senen.

"Hidup Pak Jokowi," teriak para pedagang. "Calon presiden kita, hidup Pak Jokowi. Hati-hati Pak Jokowi," sahut pedagang lain.

Didampingi polisi dan petugas keamanan, Jokowi terus berkeliling melihat kondisi pasar yang habis dilalap api Jumat kemarin. Awak media pun ditahan agar tidak terjadi korban.

Kedatangan Jokowi ini merupakan yang kedua kali, setelah kunjungannya pada saat api melalap bangunan pasar paling modern tahun 1970an itu kemarin. Saat kedatangan pertama, Jokowi langsung memimpin proses pemadaman. Tak lama setelah Jokowi pulang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga mendatangi Pasar Senen.

Guna mengusut penyebab kebakaran, polisi mengamankan 6 orang untuk dimintai keterangan terkait kebakaran di Pasar Senen, Jakarta Pusat yang terjadi pada Jumat 25 April dini hari. Keterangan mereka untuk mengetahui penyebab kebakaran.

Api melalap Pasar Senen sejak dini hari. Disebutkan api pertama kali diketahui oleh seorang ibu yang hendak masuk ke dalam pasar. Hingga siang hari, api belum berhasil dipadamkan. Akibat kebakaran, 2.000 dari 3.200 kios hangus terbakar. Pedagang hanya bisa pasrah dan menyelamatkan barang mereka yang tersisa. (Sunariyah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini