Sukses

Kebakaran Pasar Senen Diduga Karena Korsleting

Upaya memadamkan api sempat terkendala oleh pasokan air yang kurang di dekat lokasi kebakaran.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran yang terjadi di Blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat, diduga karena arus pendek atau korsleting di lantai 1. Sebab, barang-barang tekstil di area itu gampang tersulut api dan menyebabkan kebakaran.

"Dugaan sementara paling karena korsleting listrik. Menurut info, sebagian lantai 1 menjual bahan tekstil dan sudah habis dilalap api," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta Subejo.

Masih kata Subejo, kondisi saat ini mulai terkendali. Bangunan sudah masuk tahap pendinginan. Saat melongok ke dalam, Subejo mengatakan blok III seluruhnya terbakar.

"Blok III hampir seluruhnya terbakar. Memang materi yang ada mudah terbakar. fireloop-nya tinggi," tutur Subejo di Pasar Senen, Jumat (25/4/2014).

Upaya memadamkan api sempat terkendala oleh pasokan air yang kurang di dekat lokasi kebakaran. Selain itu, saat terjadi kebakaran kios-kios masih tertutup rolling door. "Habis airnya dan arus lalu lintas padat. Sehingga penyebaran api cepat."

Api melalap Pasar Senen sejak Jumat dini hari. Disebutkan api pertama kali diketahui oleh seorang ibu yang hendak masuk ke dalam pasar. Hingga siang hari, api belum berhasil dipadamkan. Akibat kebakaran, 2.000 dari 3.200 kios hangus terbakar. Pedagang hanya bisa pasrah dan menyelamatkan barang mereka yang tersisa. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini