Sukses

Malaysia Siap Rilis Hasil Investigasi Misteri MH370

Isi sejumlah laporan tersebut merupakan detail dari setiap langkah pencarian pesawat, termasuk waktu dan lokasi.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Pemerintah Malaysia segera merilis hasil investigasi terhadap kasus hilangnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370. Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak menyatakan pihaknya akan mengumumkan laporan tersebut pekan depan.

"Saya sudah memerintahkan investigasi tim internal kepada para ahli, dan laporan akan diumumkan pekan depan," ujar Najib dalam wawancara dengan CNN, yang dimuat Channel News Asia, Jumat (25/4/2014).

Laporan hasil investigasi dari tim Malaysia itu saat ini telah dikirim ke Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization/ICAO). Negara lain yang ikut membantu pencarian juga akan mengirim laporan serupa ke ICAO.

Isi sejumlah laporan tersebut merupakan detail dari setiap langkah pencarian, termasuk waktu dan lokasi. Juga sejumlah barang dugaan yang ditemukan di area pencarian.

Najib menegaskan, pengumuman hasil laporan itu dilakukan demi menepis kabar bahwa Malaysia menyembunyikan informasi khusus soal kasus hilangnya pesawat yang mengangkut 239 orang tersebut.

Dia juga menjelaskan, telaah hasil laporan akan dilakukan terlebih dahulu sebelumnya hasil investigasi itu diumumkan. Tapi itu bukan berarti Malaysia tidak transparan dan ragu.

"Saya hanya ingin semua tim bisa melihat terlebih dahulu (hasil laporan). Dan demi transparansi, kami akan mengumumkannya pekan depan," ujar Najib.

Pesawat MH370 dinyatakan hilang kontak sejak 8 Maret 2014. Perjalanan burung besi tersebut kemudian dinyatakan berakhir di Samudera Hindia, dekat Perth, Australia. Namun hingga kini, belum ada puing terkait MH370 yang ditemukan dari lokasi tersebut. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini