Sukses

Gedung di China Punya Lift Tercepat, 95 Lantai dalam 43 Detik

Liputan6.com, Guangzhou Lift tercepat di dunia akan dipasang di sebuah bangunan pencakar langit, Guangzhou CTF Finance Centre di Distrik Tianhe, China yang saat ini masih dalam proses konstruksi. 

Seperti Liputan6.com kutip dari Daily Mail, Kamis (24/4/2014), Hitachi mengumumkan mereka telah membuat elevator ultra-cepat untuk bangunan yang akan rampung pada 2016 mendatang. Melesat 95 lantai hanya dalam 43 detik!

The Guangzhou CTF Finance Centre adalah gedung pencakar langit kelas atas serbaguna. Menyediakan area perkantoran, hotel, juga pemukiman.

Secara total, struktur raksasa tersebut akan memiliki 111 lantai di atas tanah, dan 5 lantai bawah tanah. Meski bukan gedung tertinggi di dunia, namun, lift yang ada di sana akan menjadi daya tarik utama.

Memang, tak semua lift punya kemampuan sama. Dari 95 elevator yang ada di sana, hanya 2 yang akan menyandang gelar 'tercepat di dunia'.

Lift-lift tersebut ditenagai motor sinkron magnet, yang memungkinkan daya yang dibutuhkan untuk naik dengan kecepatan tinggi.

Pada kecepatan maksimal, elevator akan naik dengan kecepatan 1.200 meter per menit. Atau setara dengan 70 km/jam.

Saat digunakan turun, elevator melambat dengan kecepatan 600 m per menit atau setara 36 km/jam. Dengan kemampuan itu, lift akan melaju dari lantai pertama ke lantai 95 hanya selama 43 menit.

Bagaimana rasanya berada di dalam lift dengan kecepatan seperti itu?

Hitachi mengatakan, lift buatan mereka akan dilengkapi teknologi yang mendukung keamanan dan kenyamanan.

Perusahaan asal Jepang itu memang punya rekam jejak membuat elevator yang melesat cepat. Pada 1968, Hitachi membuat elevator paling cepat di Negeri Sakura yang dipasang di Kasumigaseki Building, dengan kecepatan 300 meter per menit.

Hitachi juga akan memastikan langkah-langkah keamanan di lift terbaru mereka. Termasuk sistem pengereman dan perangkat untuk berhenti darurat yang bisa mendeteksi kecepatan yang berlebihan.

Rem juga memiliki ketahanan panas yang luar biasa. Bahkan dalam kondisi malfungsi, mereka bisa menghentikan lift yang sedang melaju dalam kecepatan tinggi.

Untuk mempertahankan tingkat kenyamanan, kotak lift dilengkapi alat peredam getaran samping yang diakibatkan tekanan angin. Sementara, agar mereka yang naik tak mengalami gangguan telinga, Hitachi akan mengubah tekanan udara di dalam lift saat naik dan turun.

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini