Sukses

Ide Jokowi Tekan Penyelewengan Pajak

Rentannya korupsi pada bidang pajak, membuat Jokowi memiliki gagasan untuk menekan kejahatan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - KPK telah menetapkan tersangka terhadap mantan Ketua BPK Hadi Poernomo atas kasus dugaan korupsi pada bidang pajak. Jokowi pun memiliki gagasan untuk menekan kejahatan tersebut.

Menurut Gubernur DKI Jakarta itu, penyelewengan pajak dapat ditekan dengan membentuk badan atau kementerian tersendiri yang menangani masalah pajak. Sebab 70% pendapatan negara berasal dari pajak yang saat ini masih berada di bawah Kementerian Keuangan.

"Menurut saya, pajak itu memang harus menjadi badan sendiri atau kementerian sendiri di bawah langsung presiden," kata Jokowi di Balaikota, Jakarta, Selasa (22/4/2014).

Dalam kasus ini, pembenahan sistem harus secepatnya dilakukan. Karena tidak mungkin pendapatan dan penerimaan bernaung dalam satu kementerian dengan pengeluaran.

"Harusnya yang ngeluarin sendiri yang nerima sendiri. Dalam manajemen apa pun tidak mungkin disatukan dalam satu kotak. Ini manajemen," lanjutnya.

Jokowi menganalogikan penerimaan dan pengeluaran pajak dengan isi dompet pribadi. "Gini, kamu dapat uang pemasukan, pendapatan, kemudian kamu juga yang mengeluarkan. Saya mau tanya hahaha..." kata Jokowi sambil mengangkat dagu.

Dengan begitu, kemungkinan tidak adanya kontrol atas pengeluaran sangat terbuka. Tapi, pria yang mencalonkan diri sebagai presiden itu enggan menyebut secara gamblang.

"Kamu kan yang ngomong. Saya hanya bicara manajemen. Karena di mana pun di negara mana pun memang yang namanya pajak itu hampir memang rata-rata di bawah langsung presiden. Karena ini penerimaan lho, hati-hati," tandas Jokowi.

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pajak adalah pungutan yang diwajib dibayarkan oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah.

    Pajak