Sukses

Cara Sederhana Selamatkan Bumi Kita

Hutan makin sedikit, lapisan ozone makin menipis, es kutub mencair, intinya bumi makin hari makin rusak.

Citizen6, Jakarta Hutan makin sedikit, lapisan ozone makin menipis, es kutub mencair, intinya bumi makin hari makin rusak. Apa yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi? Sebagai orang biasa yang bekerja di kota besar, ada beberapa hal berpartisipasi untuk menyelamatkan bumi.

Tak perlu muluk-muluk berkampanye sampai berbusa-busa, namun kita bisa memulainya dengan diri sendiri, melakukan rutinitas yang ramah lingkungan.    

Di rumah kita mulai membiasakan diri melakukan hal-hal berikut: mematikan lampu ketika tidak diperlukan dan bukalah jendela agar ruangan lebih terang, mengganti lampu hemat energy yang watt-nya kecil, menutup kran sementara anda menyikat gigi, mematikan laptop ketika sudah tidak terpakai, mematikan tv atau ac ketika tidak dipakai,  mengusahakan tidak mandi basah memakai gayung dan menggantinya dengan shower.

Sementara itu, untuk membiasakan hidup go green, kita bisa bepergian dengan berjalan kaki kalau memang tidak terlalu jauh. Atau memakai transportasi umum: bus, kereta atau bersepeda untuk ke kantor.
Diet plastik juga baik, misalnya selalu membawa tumbler atau membawa tas belanja,  tote bag sehingga ketika berbelanja tidak perlu meminta tas plastik.  

Untuk urusan makan, sebaiknya lebih memilih makanan local, selain eksotik dan lebih berasa, juga bisa meningkatkan pendapatan petani. Hindari terlalu banyak makan daging atau vegetarian tidak saja bagus buat kesehatan.

Di  kantor, jangan pernah menyisakan air minum di gelas atau di tumblr ketika pulang. Dan sebaiknya tetap memakai kertas bekas yang masih kosong di sebaliknya ketika mau ngeprint yang tidak begitu penting.

Dan bila memungkinkan adalah menanam pohon dengan memanfaatkan lahan atau space yang kita miliki. Bergabung dengan komunitas-komunitas pecinta lingkungan adalah salah satu cara berpartisipasi untuk menyelamatkan bumi. (kw)


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai Selasa, 15 April 2014 sampai dengan 25 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Kenapa Suka Spider-Man?". Ada 10 tiket nonton premier The Amazing Spider-Man 2 untuk 5 orang pemenang. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @sonypicturesID


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini