Sukses

`Kartini` Lomba Panco-Tarik Tambang Pakai Kebaya

Hari Kartini 21 April diperingati di seluruh Indonesia dengan beragam cara. Ada yang berunjuk rasa hingga mengikuti perlombaan unik.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Hari Kartini diwarnai dengan aksi unjuk rasa ratusan pelajar dan mahasiswa di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Aksi ini merupakan bentuk protes keras mereka karena adanya larangan bagi pelajar muslim di sejumlah lokasi untuk mengenakan jilbab.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (21/4/2014), para pelajar tersebut berharap bisa mendapatkan kebebasan berpakaian, terutama dalam menutup aurat atau berjilbab.

Di lain tempat, perayaan Hari Kartini dilakukan dengan sejumlah cara unik. Puluhan ibu-ibu di Surabaya, Jawa Timur mengikuti lomba panco. Sejumlah peserta cukup kesulitan karena harus melakukan panco dengan memakai kebaya.

Meski sulit, kaum wanita ini tetap semangat mengikuti lomba yang biasanya dilakukan oleh kaum pria tersebut. Pemenangnya pun bisa mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 250 ribu.

Sementara para siswi SMA Negeri 3 Rembang, Jawa Tengah menggelar lomba tarik tambang dengan memakai kebaya. Perlombaan ini untuk mengenang beratnya beban Kartini saat memperjuangkan hak-hak kaum wanita. Berbagai kendala pun harus dihadapi. Seperti terjatuh ke tanah hingga lecet di tangan.

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.