Sukses

Perang `Roket` Sambut Paskah di Yunani

Warga Yunani punya tradisi seru menyambut Paskah yang disebut Rouketopolemos alias perang roket.

Liputan6.com, Athena - Selain disambut dan dirayakan dengan kebaktian dan renungan, warga Yunani punya tradisi seru menyambut Paskah yang disebut rouketopolemos alias perang kembang api roket.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (21/4/2014), setiap tahun di malam menjelang Paskah Ortodox, langit di atas Pulau Chios, pulau di Utara Yunani dekat Turki, selalu terang benderang oleh ratusan kembang api roket.

Perang roket kembang api ala Pulau Chios ini diadakan saat gereja dipenuhi jemaat yang menghadiri kebaktian. Roket-roket ini dibuat oleh jemaah paroki dua gereja di Kota Vrodandos yang saling bersaing, yakni Aghios Markos dan Panagia Ereithiani.

Kembang api roket dibuat sendiri oleh warga dan jemaah yang lantas saling menargetkan lonceng gereja saingannya.

Agak sulit menghitung kembang api yang mengenai target, namun pemenang biasanya ditentukan berdasarkan kelompok yang paling banyak menyentuh lonceng lawan.

Tahun ini lebih dari 25 ribu kembang api roket dibuat. Tak jelas darimana asal usul perang roket ini. Meski berbahaya dan kerap menimbulkan kerugian karena rumah rusak dihantam roket nyasar, tradisi ini tetap dipelihara oleh warga setempat. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini