Sukses

Perkenalkan, Darius si Kelinci Jumbo

Darius si kelinci memiliki bobot sekitar 22 kg, dengan panjang tubuh sekitar 131 cm. Ia bisa mengonsumsi 360 wortel, 30 apel dan 50 kubis.

Liputan6.com, Worchester - Pernah melihat kelinci berkuran jumbo? Hewan bertelinga panjang yang tinggal di Inggris ini memiliki bobot yang tak biasa.

Bayangkan saja, kelinci bernama Darius itu memecahkan rekor dengan bobot tubuh sejenisnya. Sebab beratnya mencapai 22 kg. Seperti diberitakan media Inggris Daily Mail pada Senin (21/4/2014).

Si pemilik, Annette Edwards awalnya tak percaya jika perkembangan tubuh Darius setelah lahir --dari induknya yang bernama Alice-- begitu pesat. Edwards juga tak menyangka, dalam 5 tahun Darius menyandang gelar kelinci terbesar di dunia.

Menurut penuturan nenek berusia 62 tahun itu, Darius memang berasal dari jenis kelinci raksasa. Tapi Darius tercatat sebagai yang terbesar dalam sejarah. Sungguh menakjubkan betapa besarnya dia.

Darius memiliki bobot sekitar 22 kg, dengan panjang tubuh sekitar 131 cm. Ia bisa mengonsumsi 360 wortel, 30 apel dan 50 kubis dalam sebulan. Jika dikalkulasikan dalam setahun, jumlah wortel yang dimakannya mencapai 4.000 buah. Dengan biaya perawatan sekitar 2.400 pound sterling atau sekitar Rp 27,4 juta per tahun.

"Jika Darius mengikutinya kemauannya, ia tidak akan pernah berhenti makan," kata Edwards. "Dia sangat serakah. Aku harus benar-benar mengawasinya."

Namun, "Dia memiliki kepribadian yang hebat, jadi aku tidak bisa terlalu marah ketika ia mencoba menyelinap untuk mendapatkan lebih banyak makanan..."

Darius makan banyak, tapi dia sangat aktif sehingga baik untuk kesehatannya. Untungnya dia suka melompat-lompat sepanjang waktu. Bahkan aku harus meletakkan penutup di anak tangga, untuk mencegahnya naik," urai Edwards.

Kelinci jantan itu hidup layaknya hewan peliharaan lain di dalam rumah. "Aku memperlakukan dia seperti anjing. Dia bahkan duduk di sofa denganku untuk menonton TV," ucapnya.

Edwards mengungkapkan, banyak orang yang suka mengunjungi rumahnya. Sekedar melihat keberadaan Darius, yang tubuhnya lebih besar dari anjing peliharaan.


"Keluarga semua mencintainya, dan dia memiliki tatapan nakal di matanya. Dia benar-benar kelinci Paskah di kehidupan nyata. Ulang tahunnya di bulan April selalu jatuh di sekitar Paskah,' papar Edwards.

Ketika ditanya rahasia perawatan Darius, Edwards mengaku tak pernah memberikan sesuatu yang spesial.

"Tidak ada rahasia untuk merawat kelinci terbesar di dunia. Aku memperlakukan dia dengan sangat baik, dan memanjakan dia dengan wortel hingga 12 buah," ujar dia.

Kelinci raksasa seperti Darius, umumnya hidup 4 sampai 5 tahun. Tetapi dapat bertahan hingga 7 tahun jika dirawat dengan baik.

Mereka dianggap jinak, ramah dan cerdas. Hewan bertelinga panjang itu juga tak takut berada di sekitar manusia, jika telah biasakan bertemu dengan manusia sejak kecil. Mereka awalnya dibiakkan untuk diambil daging dan bulunya. (Elin Yunita Kristanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini