Sukses

Hari Kartini, Sopir Bus Transjakarta Kenakan Kebaya

Hari Kartini diperingati dengan berbagai macam cara. Di Jakarta para petugas Bus Transjakarta mengenakan kebaya saat bekerja.

Liputan6.com, Jakarta Hari Kartini diperingati dengan berbagai macam cara. Di Jakarta para petugas Bus Transjakarta mengenakan kebaya saat bekerja.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (21/4/2014), semua staf perempuan Bus Transjakarta menyuguhkan pemandangan tak biasa. Mereka mengenakan kebaya saat Hari Kartini pada hari ini. Mulai dari penjaga loket hingga pengemudi semua mengenakan pakaian tradisional Indonesia.

Sementara di Surabaya, ratusan siswa SMP Dr Sutomo memulai hari Seninnya dengan cara yang tak lazim. Biasanya mereka mengenakan seragam sebelum melaksanakan upacara bendera, namun kali ini mereka memulai harinya dengan mengenakan busana adat. Pakaian itu bahkan dikenakan saat di kelas ketika pelajaran tengah berlangsung.

Ssuasana serupa juga terlihat di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah di Jombang, Jawa Timur. Para pegawai negeri di sini diminta untuk mengenakan pakaian adat.

Akan tetapi karena perintahnya memakai kebaya, maka tentu saja hanya pegawai perempuan yang memakainya. Ketentuan ini telah berlaku selama 3 tahun terakhir. Diyakini cara ini akan menularkan semangat Kartini, yaitu menjadi perempuan tangguh.

Cara yang lebih unik juga dilakukan Rina Wijayani, seorang Dokter Hewan di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Memperingati Hari Kartini, dengan membawa sapi berkeliling bersama anaknya, ia menaiki sapi dan berkeliling Lapangan Donoharjo Ngaglik.

Cara ini dilakukannya untuk memotivasi kawan-kawannya sesama dokter hewan yang tak mau berpanas-panas berinteraksi dengan pasiennya dan memilih bekerja di klinik. Selain itu, ia juga ingin mempromosikan lagi sapi putih yang sudah hampir punah karena kalah dari sapi impor. (Elin Yunita Kristanti)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini