Sukses

Gempa 6,9 SR Guncang Papua Nugini

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang bermarkas di Hawaii melaporkan, tidak ada tanda-tanda terjadi tsunami akibat gempa.

Liputan6.com, Port Moresby- Gempa berkekuatan besar 6,9 skala Ritcher (SR) mengguncang Pulau Bougainville, Papua Nugini. Gempa tak berisiko memicu gelombang tsunami.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa terjadi di titik 62 km barat daya Kota Panguna, Pulau Bougainville -- pulau terpencil dekat Kepulauan Solomon -- Sabtu (19/4/2014), sekitar pukul 11.04 waktu setempat.

Perkiraan sementara menurut USGS, gempa tak menimbulkan dampak atau kerusakaan parah. Demikian yang dimuat News.com.au.

Sementara itu, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) yang bermarkas di Hawaii melaporkan, tidak ada tanda-tanda terjadi tsunami akibat gempa.

Geoscience Australia melansir gempa berkekuatan 7,0 SR dengan dampak dengan radius yang luas dan menimbulkan sedikit kerusakan. Tapi hal itu dinilai biasa di Papua Nugini yang kerap terjadi gempa.

"Karena gempa berkekuatan besar, bisa ada kerusakan. Tapi itu hal yang wajar di negara rawan gempa tersebut," ujar ahli seismologi Emma Mathews.

Dia menjelaskan, dalam sepekan terakhir, Papua Nugini diguncang beberapa gempa besar, berkekuatan 7,5 dan 7,6 SR yang memicu adanya peringatan waspada tsunami. "Tapi kemarin tak ada kerusakan yang signifikan di Bougainville," ujarnya. (Muhammad Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Papua Nugini