Sukses

Paus Fransiskus Hadiri Prosesi Jumat Agung

Suasana syahdu menyelimuti Basilika Santo Petrus di hari Jumat waktu setempat, memperingati Jumat Agung.

Liputan6.com, Vatikan - Suasana syahdu menyelimuti Basilika Santo Petrus di hari Jumat waktu setempat, memperingati Jumat Agung. Sang pemimpin jutaan umat Katolik dunia Paus Fransiskus, memasuki altar secara perlahan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (19/4/2014), tiba waktunya khotbah resmi. Khotbah kali ini mengusung tema uang setan di era modern. Khotbah tersebut merupakan salah satu dari serangkaian prosesi Jumat Agung.

Di hari yang sama, Paus Fransiskus, akan memimpin prosesi jalan Kristus di salah satu bangunan bersejarah dunia, Koloseum, Roma,

Di Jerusalem, prosesi Jumat Agung diikuti oleh ribuan warga dan turis dari berbagai negara di dunia. Mereka menyusuri rute yang dipercaya dilalui oleh sang Yesus sambil membawa salib ke lokasi di mana ia disalib.

Jemaat berbondong-bondong membawa salib, dan berdoa di lokasi-lokasi yang memiliki sejarah penting dalam perjalanan Yesus ribuan tahun yang lalu.

Sementara itu di Filipina, beberapa warganya mengorbankan diri mereka untuk disalib layaknya sang Yesus. Mereka disalib dengan menggunakan paku sungguhan di atas bukit.
 
Ratusan orang pun berkumpul menyaksikan penyaliban tersebut, yang dipercaya sebagai momen untuk memahami pengorbanan besar yesus kristus untuk umatnya. Bagi para jemaat yang disalib, momen itu menjadi momen penebusan dosa mereka. (Mevi Linawati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.