Sukses

Jelang Jumat Agung, Polisi Jatim Sisir Sejumlah Gereja

Sehari jelang Misa Jumat Agung, personel Gegana Polda Jawa Timur dan Bali melakukan penyisiran ke sejumlah gereja.

Liputan6.com, Surabaya - Sehari jelang Misa Jumat Agung, Gegana Brimob Polda Jawa Timur menyisir sejumlah gereja di Surabaya. Salah satu gereja yang disisir oleh Gegana adalah Gereja Katedral Hati Kudus Yesus di Jalan Polisi Istimewa, Surabaya, Kamis 17 April siang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (18/4/2014), puluhan anggota Gegana Polda Jatim menyebar untuk menyisir setiap sudut gereja dengan menggunakan pendeteksi logam. Penyisiran dilakukan di tempat kursi jemaat, altar gereja hingga toilet.

Pengamanan jelang pelaksanaan Misa Jumat Agung, juga digelar aparat Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Penyisiran dilakukan di sejumlah Gereja Santo Mikael dan Bahtera Hayat di Jalan Tanjung Sadari, Surabaya.

Dalam penyisiran ini polisi mengerahkan 2 anjing pelacak dan alat pendeteksi untuk memastikan tidak ada benda yang mencurigakan di dalam dan luar gereja. Dalam operasi pengamanan ini, aparat Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menerjunkan 250 personel di 54 gereja di kawasan tersebut.
 
Pengamanan juga dilakukan puluhan anggota Brimob Polda Bali. Mereka berkeliling di setiap sudut Gereja Katedral, Bali guna memastikan keamanan jelang ibadah Jumat Agung. Selain mensterilkan gereja, mereka juga memeriksa jemaat yang hendak masuk ke dalam.

Untuk wilayah Kota Denpasar dan Kabupaten Badung, Polda Bali menyiapkan 10 personel polisi yang berjaga di setiap gereja. (Anri Syaiful)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.