Sukses

Bagi-bagi iPod di Hajatan Anak, Harta Sekretaris MA Rp 33,4 M

Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi sempat menjadi perbincangan lantaran menggelar resepsi supermewah pernikahan anaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi sempat menjadi perbincangan lantaran menggelar resepsi super mewah pernikahan anaknya. Dalam acara yang dihadiri sekitar 2.500 undangan itu, Nurhadi membagikan suvenir berupa iPod Shuffle 2 GB dan berbuntut dugaan gratifikasi kepada sejumlah pejabat.

Dan setelah ditelisik, Nurhadi ternyata memang memiliki jumlah kekayaan yang fantastis. Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang tercatat di KPK, pria yang menjabat Sekretaris MA selama 2 periode terakhir itu memiliki harta senilai Rp 33,4 miliar.

Seperti Liputan6.com kutip dari laman Acch.kpk.go.id, LHKPN Nurhadi terdiri atas harta kekayaan bergerak dan tidak bergerak. Nurhadi tercatat melaporkan LHKPN itu pada 7 November 2012.

Batu Mulia Super Mahal

Di situs itu disebutkan, harta bergerak Nurhadi nilainya mencapai Rp 11,28 miliar. Nilai itu terdiri atas batu mulia senilai Rp 8,63 miliar, barang-barang seni dan antik senilai Rp 1 miliar, logam mulia seharga Rp 500 juta, dan benda bergerak lainnya senilai Rp 1,15 miliar.

Harta bergerak lainnya yang dilaporkan adalah 4 mobil yang total nilainya Rp 4 miliar. Keempat mobil yang dilaporkan Nurhadi yakni, Toyota Camry keluaran 2010, Mini Cooper 2010, Lexus 2010, dan Jaguar keluaran 2004. Di samping itu ada harta lain berupa giro dan setara kas yang dimiliki Nurhadi bernilai Rp 10,78 miliar.

Sementara harta tidak bergerak yang dimilikinya terdiri dari 18 bidang lahan dan bangunan yang nilainya Rp 7,36 miliar. Lahan itu tersebar di sejumlah wilayah, seperti Jakarta, Bogor, Malang, Kudus, Kediri, Tulungagung, dan Mojokerto.

Namun demikian, Nurhadi tidak melaporkan usaha sampingannya, yakni usaha sarang burung walet. Padahal, dalam sejumlah kesempatan Nurhadi mengaku punya usaha sarang burung walet. Dia mengaku telah merintis usaha burung walet ini sejak 1981, atau sebelum menjadi pegawai MA.

Nurhadi menjadi sorotan media setelah menggelar resepsi pernikahan anaknya, Sabtu 15 Maret 2014 lalu di Hotel Mulia, Jakarta. Resepsi pernikahan itu berkategori mewah, sebab para tamu undangan yang hadir mendapat suvenir gadget keluaran Apple, yakni iPod Shuffle versi 2 GB.

Adapun di pasaran saat ini pemutar musik digital itu dibandrol dengan harga sekitar Rp 700 ribu. Jika tamu undangan yang hadir 2.500 orang saja, kemudian dikalikan Rp 700 ribu, maka untuk suvenir pernikahan itu setidaknya menghabiskan dana sekitar Rp 1,75 miliar. (Elin Yunita Kristanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.