Sukses

Beli Tiket KRL Kini Bisa dengan Pulsa Ponsel

PT KRL Commuter Jabodetabek (KCJ) meluncurkan teknologi baru untuk memudahkan penumpang mengisi saldo.

Liputan6.com, Jakarta - Padatnya antrean saat akan menaiki KRL selalu jadi permasalahan. Meski sudah ada Kartu Multi Trip (KMT), penumpang tetap harus mengantre saat saldo dalam kartu itu habis.

Melihat keluhan penumpang itu, PT KRL Commuter Jabodetabek (KCJ) meluncurkan teknologi baru untuk memudahkan penumpang mengisi saldo kartu. Fasilitas ini mulai diberlakukan 17 April.

Direktur Utama PT KCJ Tri Handoyo menjelaskan, sedikitnya 3 provider besar Indonesia seperti Telkom, Indosat, dan XL menyatakan kesiapannya menyediakan fasilitas T-money untuk pengisian saldo pada KMT dan single trip.

"Jadi penumpang sudah tidak perlu lagi antre di loket. Penumpang bisa mengisi saldo dari rumahnya, kantornya, untuk memudahkan penumpang melakukan top up," kata Handoyo, di Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (17/4/2014).

Setelah berhasil melakukan top up, penumpang hanya perlu menempelkan tiket ke suatu alat. Jadi, penumpang sudah tidak perlu lagi mengantre di loket untuk dapat mengisi saldo.

"Sekarang vending machine sudah ada di 3 stasiun, Sudirman, Bogor, dan Jakarta Kota. Tahun ini, targetnya terpasang di 20 stasiun. Dan ke depan, mesin akan dipasang di 66 stasiun se-Jabodetabek," lanjutnya.

Untuk cara pengisian saldo, masing-masing provider memiliki cara sendiri. Untuk XL *123*120#, Indosat *789*2#, dan Telkom bisa mengunduh aplikasi TMoney melalui google play secara gratis.

"Untuk KMT dikenai biaya administrasi Rp 2.500 dan Single trip Rp 350 per transaksi," tandas Handoyo. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.