Sukses

Pascasarjana Biologi UGM Berbagi Senyum Bersama Anak Kanker

Selepas waktu Dhuzur matahari begitu menyegat Jogja, jika melirik thermometer yang tergantung di sisi dinding ruangan, suhu mencapai 32* C

Citizen6, Yogyakarta Selepas waktu Dhuzur matahari begitu menyegat Jogja, jika melirik thermometer yang tergantung di sisi dinding ruangan, suhu mencapai 32 derajat Celcius. Panas matahari yang menyengat ini nampaknya juga membakar semangat rombongan mahasiswa Pascasarjana Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Mereka akan berbagi canda, berbagi cerita dan berbagi bahagia bersama anak-anak penderita kanker yang tinggal di Rumah Kita (RK) yang berlokasi di Jl. Bangau no. 8 Plemburan, Sleman, Yogyakarta.

RK merupakan rumah singgah yang dikelola oleh Yayasan Kasih Anak Kanker Jogja (YKAKJ) untuk mendukung pasien yang sedang menjalani pengobatan di Yogyakarta.

“Sementara ini kami kami bekerja sama dengan RSUP. Dr. Sardjito.”, tutur Veronika Anik, salah satu pengelola RK. Selain menyediakan rumah singgah, YKAKJ juga menyediakan fasilitas pendidkan dan transportasi bagi anak penderita kanker yang sedang dalam pengobatan dan perawatan di rumah sakit.

“Selain di sini (Rumah Kita, red.), pendampingan belajar juga kami lakukan bed to bed di bangsal perawatan anak kanker di Sardjito.”, ucap Ibu Winda, salah satu pendamping belajar di YKAKJ.

Rombongan tiba di lokasi RK sekira jam 13.00 WIB dan langsung disambut oleh beberapa pengelola RK. Setelah sedikit intermezzo, rombongan langsung menuju ke sebuah ruangan yang diperuntukkan untuk bermain dan belajar di rumah yang nampak bersih dan asri ini.

Awalnya memang nampak canggung, namun lambat laun interaksi antara para calon master dan anak-anak penderita kanker ini mengalir dalam lantunan lagu, riuh tepuk tangan, gelak canda dan permainan bersama.

“Luar biasa! Mereka tetap semangat dan ceria. Bahkan ada dari mereka yang sangat cerdas, punya pengetahuan yang luas banget, sangat luar biasa untuk anak seumuran dia.”, tutur salah satu mahasiswa.

Dalam kesempatan ini, rombongan yang didominasi oleh mahasiswa Pascasarjana Biologi UGM angkatan 2012  juga membawa beberapa bingkisan, mainan, bahan makanan dan sejumlah uang untuk didonasikan kepada RK. “Alhamdulillah, semua ini terkumpul dari donasi teman-teman,  dari  Bapak-Ibu Dosen. Terima kasih atas donasinya, baik dalam bentuk uang, barang, ide dan tenaga. Semoga Tuhan YME mencacat sebagai amal kebaikan.”, ungkap S. Ariyunita, sang koordinator kegiatan.

Meskipun dalam jumlah yang tak bisa dibilang melimpah, langkah dan donasi ini adalah wujud kepedulian para mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat. Dan sebagai bagian dari masyarakat, memang sudah selayaknyalah untuk terus berbagi dan menebarkan kebaikan membumi. (kw)

Penulis:

Priyambodo

Yogyakarta

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai Selasa, 15 April 2014 sampai dengan 15 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Kenapa Suka Spider-Man?". Ada 10 tiket nonton premier The Amazing Spider-Man 2 untuk 5 orang pemenang. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @sonypicturesID

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini