Sukses

Lembar Soal dan Jawaban UN Tak Sesuai, Siswa Bingung

Hari terakhir pelaksanaan UN diwarnai permasalahan. Lembar soal dan jawaban Bahasa Inggris untuk jurusan IPS tidak sesuai.

Liputan6.com, Jombang - Di hari terakhir pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SLTA ditemukan sejumlah masalah. Para siswa jurusan IPS SMAN 2 Jombang, Jawa Timur dibuat bingung dengan lembar jawaban Bahasa Inggris yang bermasalah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (17/4/2014), siswa kesulitan mengerjakan mata pelajaran Bahasa Inggris, karena lembar soal dan jawaban tidak sesuai.

Tak hanya di SMAN 2, kondisi serupa juga terjadi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Mojosongo, Jombang, Jawa Timur. Pada lembar soal terdapat 5 pilihan jawaban (a, b, c, d, dan e). Namun pada lembar jawaban hanya ada 4 pilihan, yakni a, b, c dan d.

Selain di Jombang, kondisi yang sama juga dialami siswa jurusan IPS SMA 1 Banyuwangi, Jawa Timur. Lembar soal dan jawaban tidak sama. Untuk mengatasi persoalan tersebut, pihak sekolah langsung mengganti dengan lembar jawaban cadangan.

Namun karena terbatasnya jumlah lembar jawaban cadangan, 49 siswa yang tidak kebagian diperbolehkan menulis jawaban di lembar soal. Berakhirnya Ujian Nasional tingkat SLTA ini disambut suka cita oleh para siswa. Mereka saling berpelukan dan sujud syukur bersama-sama di halaman sekolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.