Sukses

Soal Tertukar, Siswa SMA Polewali Mandar Tak Ikut Ujian

Di saat hampir seluruh siswa SLTA meluapkan kegembiraan usai mengikuti Ujian Nasional, kondisi berbeda justru terjadi di sejumlah daerah.

Liputan6.com, Polewali Mandar Di saat hampir seluruh siswa SLTA meluapkan kegembiraan usai mengikuti Ujian Nasional (UN), kondisi berbeda justru terjadi di sejumlah daerah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (17/4/2014), di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, puluhan siswa SMA Negeri 1 Wonomulyo, pada Rabu 16 April 2014 terpaksa menelan kekecewaan lantaran tak bisa menyelesaikan UN yang sudah dijadwalkan. Mereka tak bisa mengerjakan soal mata pelajaran Fisika akibat tertukar dengan soal Matematika.

Para siswa, pengawas ujian, dan pihak sekolah pun bingung lantaran mereka tak punya stok cadangan soal Fisika, sehingga para siswa ini tak bisa mengerjakan soal.

Pihak sekolah dan pengawas ujian baru mengetahui jika sampul soal Fisika ternyata berisi soal ujian Matematika saat membuka soal ujian di dalam kelas beberapa saat sebelum ujian dimulai.

Akibatnya para siswa harus gigit jari dan harus bersabar hingga batas waktu yang belum ditentukan untuk bisa menyelesaikan seluruh soal ujian nasional.

Sementara itu di Salatiga, Jawa Tengah, seorang pemain Timnas U-19 tak bisa mengikuti ujian nasional karena harus mengikuti rangkaian tur ujicoba Timnas U-19 di Timur Tengah.

Tiga hari sudah, Septian David Maulana yang tercatat sebagai siswa SMA Kristen 2 Kota Salatiga, Jawa Tengah harus absen mengikuti ujian nasional.

Septian juga dikhawatirkan tidak bisa mengikuti ujian nasional susulan tingkat SMA yang akan dilaksanakan pada 22 hingga 24 April 2014 mendatang. Karena rombongan Timnas U-19 baru tiba di tanah air pada 22 April.

Terkait hal ini, Dinas Pendidikan Kota Salatiga sedang berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah untuk memberikan kesempatan kepada Septian agar tetap bisa mengikuti ujian nasional susulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini