Sukses

Aktif di Twitter Bisa Merusak Hubungan

Aktif menggunakan layanan twitter ternyata dapat menyebabkan penggunanya mendapatkan masalah dalam hubungan dengan pasangan.

Citizen6, Jakarta Saat ini sebagian orang hidupnya tak bisa dipisahkan dari twitter. Mulai dari bangun pagi, sudah update status. Biasanya status para tweeple di pagi hari itu semuanya mencerahkan dan menyemangati. Aktivitas pertama biasanya adalah ucapan selamat sembari diam-diam memperlihatkan keberadaannya sedang di mana. "Selamat pagi dari #NamaTempatWisata yang indah dan populer.

Beberapa tweeple mengupdate statusnya setiap dia bergerak sepuluh centimeter, sedang ini, sedang itu atau berdiskusi tentang masalah yang sedang populer, janjian, nge-date, flirting, jual beli atau bahkan twitwar (sebutan untuk diskusi panas di lini masa).

Twitter awalnya diciptakan untuk membantu orang agar saling terhubung dalam situs online. Sayangnya, aktif menggunakan layanan twitter ternyata menyebabkan penggunanya mendapatkan masalah dalam hubungan dengan pasangan.

Penelitian dari University of Missouri yang dilansir dari Mashable beberapa waktu lalu menemukan bahwa, pengguna twitter aktif lebih mungkin untuk mengalami konflik twitter yang terkait dalam hubungan romantis mereka. Dan pada akhirnya menyebabkan masalah baru datang di dalam hubungan seperti kecurangan emosional atau fisik saat perpisahan dan bahkan perceraian.

Penelitian ini dilakukan oleh Russell Clayton, seorang mahasiswa kedokteran di University of Missouri School of Journalism. Dia menemukan korelasi positif antara pengguna Twitter dan perselisihan didalam hubungan.

Dalam penelitiannya Clayton melakukan survei kepada 581 pengguna twitter di atas usia 18 tahun. Dia mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti, "seberapa sering Anda login ke Twitter?" dan "seberapa sering Anda memiliki argumen lain dengan signifikan sebagai akibat memakai twitter secara berlebih?".

Bedasarkan hasil yang didapat ternyata bila Anda menggunakan situs Twitter dan Facebook akan memiliki efek merusak pada hubungan Anda. Clayton menyimpulkan, "Artinya, ketika situs jejaring sosial digunakan itu menjadi masalah bagi hubungan dengan seseorang, resikonya hasil hubungan yang Anda jalankan akan berakhir negatif".

Penulis:

Yulia Yulee

Baca juga:

5 Pekerjaan Paruh Waktu yang Cocok untuk Mahasiswa

5 Cerita Unik yang Pernah Terjadi di Twitter

Youth Talk: Yuk Jadi Perempuan Aktif dan Inspiratif 

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai Selasa, 15 April 2014 sampai dengan 15 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Kenapa Suka Spider-Man?". Ada 10 tiket nonton premier The Amazing Spider-Man 2 untuk 5 orang pemenang. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @sonypicturesID 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini