Sukses

Alween Ong Sang Wirausaha Sosial Muda Sukses

Alween Ong, wirausahawan sosial sukses dengan penghargaan dari Kemenpora da Anggota Delegasi Indonesia Ke Tiongkok.

Liputan6.com, Medan - Usai salat dhuha, Alween Ong mengendarai motornya dari rumah di wilayah Medan Baru, menuju pusat Kota Medan. Meski masih berusia 28 tahun, anak ke-2 dari 4 bersaudara telah memiliki segudang prestasi di dunia wirausaha.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (16/4/2014), mulai dari penghargaaan wira usaha muda dari Kemenpora di tahun 2009, hingga menjadi anggota delegasi Indonesia ke Tiongkok, guna membahas perdagangan bebas.
 
Terlahir sebagai seorang anak nelayan di pesisir Tebing Tinggi, Sumatera Utara, tak mengubur harapan Alween Ong meraih pendidikan tinggi.

Sejumlah usaha dijalankan Alween untuk membiayai kuliahnya, mulai dari berjualan ikat pinggang sampai berjualan ponsel. Setelah usahanya berkembang sejak 2011, ia pun membuka pelatihan reparasi ponsel secara cuma-cuma.

Bermodal pengalaman dan tekat kuat sarjana Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, ini mengembangkan bisnisnya ke usaha digital printing. Setelah 4 tahun, kini omzetnya tak kurang dari Rp 50 juta per bulan.

Alween tak pelit ilmu, kiat-kiat usahanya dibagi secara cuma-cuma ke sesama wirausahawan muda Kota Medan. Sebanyak 10 persen dari pendapatan Al Company Indonesia miliknya, digunakan Alween untuk program kemanusiaan.

Kegiatannya mulai dari sunatan massal, hingga program sejuta koin 1000 untuk membangun desa tertinggal di Lesten, Gayo Luwes, Aceh.

Alween Ong, paham tantangan terbesar adalah membuka pemikiran orang lain untuk menyadari bahwa setiap manusia punya kelebihan masing-masing yang harus digali, agar bermanfaat bagi sesama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.