Sukses

Meski Soal Tertukar, UN Hari Ke-2 Jakarta Berjalan Lancar

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari ke dua tingkat SMA dan sederat di sejumlah sekolah di Jakarta relatif berlangsung lancar.

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari ke dua tingkat SMA dan sederat di sejumlah sekolah di Jakarta relatif berlangsung lancar. Baik dari segi persiapan pelaksanaan dan pengawasan, seperti UN di SMAN 24 Jakarta Pusat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (16/4/2014), meski sempat terjadi kekeliruan pendistribusian soal UN. Mata pelajaran Kimia yang tertukar dengan lembar soal mata pelajaran Biologi, namun masalah tersebut dapat segera teratasi.

Sejumlah siswa pun mengaku tidak ada kendala dengan lembar soal yang dibagikan.

Sementara itu, di SMAN 35 Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, pelaksanaan UN hari ke dua ini juga berjalan kondusif. Namun sekolah yang menjadi rayon wilayah ini, juga sempat terjadi kekeliruan pendistribusian soal UN.

Di hari kedua pelaksanaan ujian, sekolah SMAN 35 ini juga mendapat tinjauan dari tim pemantau pembinaan SMA, Sekretaris Dinas Pendidikan, dan Kasudin Pendidikan Dasar. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecurangan selama pelaksanaan UN.

Selain itu, pada pelaksanaan UN tahun ini, pihak sekolah juga memasang kamera CCTV di sejumlah titik.

Lain halnya dengan di Jambi. Di hari hari kedua, beredar kebocoran jawaban ujian di bidang pelajaran matematika dan kimia. Kebocoran mencakup 20 soal yang diujikan semua, lengkap dengan teks kode soal yang didapat siswa.  

Seorang siswa bahkan mengaku mendapatkan soal itu sejak pukul 06.00 WIB. Untuk mendapatkan dua kunci jawaban pelajaran tersebut, mereka harus membayar Rp 300 ribu.

Namun, meski lembaran jawaban soal beredar luas, pihak Dinas Pendidikan Kota Jambi tetap membantah soal UN tahun ini bocor. (Tanti Yulianingsih)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini