Sukses

Youth Talk: Yuk Jadi Perempuan Aktif dan Inspiratif

Youth Talk merupakan salah satu program rutin AIESEC LC Undip berupa sharing ringan yang difokuskan untuk anak muda

Citizen6, Semarang Bertempat di Joss Steak BQ Square Tembalang, Departemen Komunikasi, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) AIESEC Local Committee Universitas Diponegoro (Undip) kembali menyelenggaraan Youth Talk ke-20. Youth Talk kali ini juga diadakan untuk memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April. Bertajuk Women in Bright: Its Time To Shine, Youth Talk kali ini menghadirkan dua pembicara perempuan muda, aktif, berbakat, dan inspiratif.

Mereka adalah Rakhmi Wijiharti Top 5 Finalis Putri Indonesia 2014 yang juga merupakan Miss Earth Indonesia Fire 2014 dan Hestiana Larasati salah seorang Delegates of Harvard Model United Nation (HNMUN) 2014, serta President of EDSA Undip periode 2013/2014.

Youth Talk  yang diadakan pada Jumat, 11 April 2014 merupakan salah satu program rutin AIESEC LC Undip berupa sharing ringan yang difokuskan untuk anak muda dengan tujuan memberikan pengetahuan baru dan memberikan kesempatan untuk bertukar pikiran dan berbagi ide.

Youth Talk yang mengangkat tema Women in Bright memiliki tujuan menginspirasi perempuan-perempuan muda. Youth Talk hadir pula sebagai pengingat bagi para perempuan bahwa sekarang tak ada batasan gender dalam meraih kesuksesan, kini saatnya perempuan untuk aktif dan berkarya dalam berbagai bidang.

Menariknya, meskipun tema besar acara ini menyangkut perempuan, namun terdapat peserta laki-laki yang turut hadir. “Persentasenya 55% perempuan sisanya laki-laki, lumayan antusias” Ujar Faisal, Ketua Acara Youth Talk Women In Bright.

Open RegIstration dimulai pukul 18.00 WIB dengan memberikan apresiasi kepada peserta berupa setangkai mawar sebagai perlambangan semangat feminis. Selain itu peserta diperbolehkan menulis 3 kata untuk wanita pada sebuah time table yang telah disedikan. Acara sharing yang tidak dipungut biaya ini sukses menyedot massa sebanyak 70 orang. Acara Youth Talk dibuka dengan menampilkan video singkat yang menjelaskan arti dan peran penting seorang perempuan dalam kehidupan.

Dipandu dengan host Dillo Putra, acara pertama adalah perkenalan kedua pembicara yaitu Hesti dan Rakhmi. Dengan mengenakan pakaian berwarna merah anggun yang menjadi simbol keberanian, keduanya berbagi cerita dan pengalaman.

Hesti berbagi pengalaman Leadership dan International Experince-nya dan Rakhmi berbagi pengalaman Top 5 Putri Indonesia dan International experience, keduanya menyampaikan materi dengan penuh semangat dan antusias.

Inti dari sharing yang mereka sampaikan adalah, memberi semangat kepada para perempuan untuk selalu berkontribusi dan melihat peluang yang ada. Setelah berbagi cerita dan pengalaman beberapa peserta melontarkan pertanyaan kepada pembicara.

Kejutan yang dihadirkan dalam Youth Talk tidak hanya sampai disitu, Tepat pukul 21.00 WIB di akhir perbincangan, Rakhmi salah seorang speaker ditantang oleh host untuk bernyanyi bersama Band Pengiring, Unfold. Tidak disangka, dara manis yang kerap disapa Amy ini memiliki suara yang sangat merdu, spontan peserta dibuat tercengang olehnya. Amy menyanyikan sebuah lagu dari grup band Ten2Five berjudul I will fly. Di akhir acara kedua pembicara memberikan kalimat singkat yang bisa membuat perempuan-perempuan  semakin terinspirasi. “Jadilah perempuan yang Adaptif, Kontributif, dan Produktif.”

Penulis:

Yuliana Harianja

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.