Sukses

Tikus Jumbo Sepanjang 2 Kaki `Serang` Inggris

Tikus berukuran superbesar dengan panjang 2 kaki atau sekitar 70 cm dari hidung hingga ujung ekor itu bikin warga Inggris kerepotan.

Liputan6.com, Liverpool- Tikus berukuran superbesar dengan panjang 2 kaki atau sekitar 70 cm dari hidung hingga ujung ekor itu bikin warga Inggris kerepotan. Dengan ukuran jumbo, tikus tersebut semakin berani beraksi.

Tikus-tikus yang ukurannya sebesar kucing itu kini jumlahnya semakin banyak. Seperti yang terjadi di London, ada tikus raksasa yang baru saja tertangkap dan mati karena racun. Namun ada beberapa tikus yang kebal dari racun.

"Ada kenaikan populasi tikus sekitar 15 persen dibanding tahun lalu," kata pengelola perusahaan jasa hama Sean Whelan, seperti dimuat Dailymail, Selasa (15/4/2014).

Oleh karena itu, pemerintah dan warga Inggris harus menaruh perhatian serius soal berkembangnya tikus. Namun sebagian warga di Inggris, seperti dilaporkan Dailymail, masih banyak yang tidak sadar dan tak peduli untuk mencegahnya.

Membuang sampah sembarangan, terutama sampah makanan siap saji menjadi sasaran empuk para tikus. Hewan tersebut langsung bergegas ke sampah di sembarang tempat dan memakannya.

Menurut Sean, ukuran tikus tersebut lebih besar lantaran pasokan makanan bekas untuk mereka lebih banyak. Dia pun menilai cuaca juga menjadi faktor lain yang membuat ukuran tikus membengkak. "Mereka lebih besar dari tahun lalu. Ukurannya seperti kucing."

Atas kondisi ini, Sean dan para penyedia jasa pemberantas hama tikus meminta Uni Eropa untuk mengizinkan pembuatan racun tikus generasi terbaru. Dengan demikian, hewan-hewan tersebut bakal langsung mati saat diberi racun.

"Tikus-tikus itu sebenarnya berasal dari desa di lahan pertanian dan perkebunan. Namun mereka kini bermigrasi ke kota," tandas Sean.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini