Sukses

Kakek Usia 60 Tahun Ikut Ujian Nasional

Sejumlah pria lanjut usia (lansia) di Kota Depok, Jawa Barat mengikuti Ujian Nasional (UN) Paket C, termasuk kakek berusia 60 tahun.

Liputan6.com, Jakarta- Sejumlah pria lanjut usia (lansia) di Kota Depok, Jawa Barat mengikuti Ujian Nasional (UN) Paket C untuk dapat memperoleh ijazah setingkat SMA. Salah satunya M Sulton Suprianto yang berusia 60 tahun.

"Mereka tetap semangat belajar walaupun usianya sudah tidak muda lagi," kata Guru Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Al-hidayah Bojongsari Depok, Amir Suryansah ketika ditemui di SDN Anyelir 1 Depok, Senin 14 April 2014.

Selain Sulton, ada Hadi Suarno yang telah berusia 54 tahun dan Lukmanul Hakim 44 tahun yang mengikuti ujian, dari ratusan peserta Paket C.

Amir mengaku telah memberi bekal pelajaran kepada muridnya yang sudah berusia lanjut tersebut di PKBM Al-Hidayah agar dapat mengerjakan soal-soal ujian nasional. "Memang agak sulit ngajarin mereka karena usianya yang sudah tidak muda lagi," katanya.

Akan tetapi, lanjut Amir, mereka tetap semangat untuk mendapatkan ijazah setingkat SMA tersebut.

Hadi Suarno peserta UN kelahiran 13 Mei 1960 ini bertekad untuk mendapatkan ijazah SMA demi memperbaiki nasibnya. Ia berharap jika telah mendapatkan ijazah SAM tersebut dapat lebih baik dalam bekerja.

Hadi mengaku agak kesulitan mengerjakan soal ujian nasional ketika menjawab soal dengan membuat bulatan. "Sulit jawabnya ketika harus bulet-buletin," katanya ketika ditemui saat sedang istirahat.

Ujian Nasional Paket C di Depok digelar di 2 tempat yaitu di SDN Anyelir I dan Yayasan Al Muhajirin. Total peserta yang seharusnya ikut sebanyak 1.447 orang, namun tidak seluruh peserta datang.

"Memang ada perbedaan pelaksanaan Ujian Nasional Paket C. Mereka diberi kelonggaran untuk waktunya," kata Kabid Pendidikan Formal Informal Dinas Pendidikan Kota Depok, Khaerudin.

Ia mengatakan di SD Anyelir 1 ada 300 peserta yang ikut UN. Mereka usianya antara 19 tahun sampai dengan 60 tahun. Syarat dan ketentuan yang diterapkan tak jauh berbeda dengan UN pelajar SMA pada umumnya.

Sementara itu, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail yang terlihat melakukan sidak di SD ini juga menaruh apresisasi tinggi bagi para peserta paket C, khususnya mereka yang telah berusia lanjut dan masih semangat mengikuti UN. "Mereka ini patut dijadikan contoh karena mereka masih tetap semangat," kata Nur Mahmudi. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini