Sukses

Banjir, Jalur Bandung-Garut Sempat Terputus

150 Personel kepolisian dikerahkan untuk mengarahkan kendaraan agar menempuh jalur yang masih bisa dilalui.

Liputan6.com, Jakarta Hujan deras sejak Jumat 12 April malam di wilayah Sumedang dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat mengakibatkan banjir dengan ketinggian mencapai 50 cm di Jalan Raya Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Tidak hanya itu, akses jalur selatan Jabar ini sempat terputus dan mengalami kemacetan hingga puluhan kilometer akibat meluapnya Sungai Cimande (Sumedang) dan Sungai Citarik (Cicalengka).

Kasatlantas Polres Bandung Eko M Rianto mengatakan kemacetan sempat terjadi. Namun pada pukul 14.00 WIB, ketinggian air sudah surut dan kendaraan dapat melewati jalur secara perlahan.

"Saat ini kondisi air sudah surut sekitar 20 centimeter. Dampak banjirnya di jalan, akses Bandung-Garut sempat putus," kata Eko saat dihubungi, Sabtu (12/4/2014).

Untuk mengurai kemacetan, lanjut dia, pihaknya mengerahkan 150 personel kepolisian yang terdiri dari Polres Bandung, Polres Sumedang, dan dibantu Polda Jabar.

"Para petugas ditempatkan di sepanjang jalan yang terendam dan mengarahkan kendaraan agar menempuh jalur yang masih bisa dilalui," tutur dia.

Dia menegaskan, jalur bisa kembali terputus bila terjadi hujan deras di wilayah Sumedang karena air kiriman menuju kawasan Rancaekek. "Banjir bisa kembali terjadi bila hujan deras didaerah Sumedang," pungkas Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini