Sukses

Harga Cabai Naik, Petani Sleman Merugi

Tingginya harga cabai di pasaran ternyata tidak sepenuhnya disambut gembira oleh para petani cabai di Sleman, Yogyakarta.

Liputan6.com, Sleman Tingginya harga cabai di pasaran ternyata tidak sepenuhnya disambut gembira oleh para petani cabai di Sleman, Yogyakarta. Pasalnya, hasil panen mereka belakangan ini terus menurun akibat cuaca buruk.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (11/4/2014), jika biasanya untuk 1 kali panen para petani bisa mendapatkan tak kurang dari 50 kg, tetapi saat ini mereka hanya bisa mendapatkan paling banyak 5 kg.

Berbagai upaya sudah dilakukan agar hama yang menyerang tanaman cabai mereka bisa diatasi, termasuk dengan membeli obat dan pupuk dengan harga yang mahal.

Jadi, meski harga cabai saat ini mencapai sekitar Rp 70.000 per kilogram, para petani mengaku masih tetap merugi.

Meski berkualitas buruk saat harga tinggi, cabai yang terkena hama atau patek tetap laku dijual di pasaran. Namun harganya hanya setengah dari harga biasanya. Sehingga pemasukan yang didapatkan tetap tidak bisa menutup ongkos produksi yang dikeluarkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.