Sukses

Pesawat Advent Jatuh di Jayapura, KNKT: Kekurangan Tenaga

Pesawat milik penerbangan missionaris Advent itu jatuh pada hari pencoblosan Pemilu 2014, Rabu 9 April kemarin.

Liputan6.com, Jayapura - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih menyelidiki jatuhnya pesawat Godiak 100 dengan nomor lambung PK SDF. Pesawat milik penerbangan misionaris Advent itu jatuh pada hari pencoblosan Pemilu 2014, Rabu 9 April kemarin.

Kepala KNKT Indonesia perwakilan Papua Norbertus Tunyanan mengatakan, hasil penyelidikan sementara ada dugaan pesawat kurang tenaga untuk naik. Salah satunya disebabkan oleh kerusakan mesin dan juga bisa karena pesawatnya.

"Penyelidikan hari ini belum dapat disimpulkan. Saya masih harus melaporkan hasil sementara ini ke KNKT Pusat. Yang pasti, pesawat tidak overload. Kapasitas di dalam pesawat tidak melebihi muatan," ungkapnya ketika ditemui di lokasi kejadian di Doyo, Kabupaten Jayapura, Kamis (10/4/2014).

Pihaknya juga menyebutkan, kondisi cuaca dan runway saat melakukan take off dalam keadaan baik. KNKT setempat juga mengakui pesawat ini telah melakukan penerbangan pertama sebelum jatuh.

"Ini pesawat baru, yang jam terbangnya sekitar 1.754 jam. Kami mendapatkan laporan cuaca saat penerbangan sebelum jatuh juga cukup baik, kecepatan angin juga normal. Bangkai pesawat masih berada di lokasi kejadian. Kemungkinan pembersihan bangkai pesawat akan dilakukan hari ini atau esok hari," jelas Norbertus.

Saat ini jenazah pilot Bob Robert (63) masih disemayamkan di hanggar milik misionaris Advent. Rencananya jenazah akan dikuburkan di sekitar lapangan misionaris. Puluhan jemaat Gereja Advent berkumpul memanjatkan doa dan memberikan penghiburan.

(Shinta Sinaga)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini