Sukses

Pesawat Jatuh di Bandara Advent Papua Diduga Kelebihan Muatan

Pesawat jenis Godiak PK SDF yang jatuh di ujung lapangan terbang Advent, Kabupaten Jayapura, Rabu 9 April pagi tadi. Ini dugaan penyebabnya:

Liputan6.com, Jakarta Pesawat jenis Godiak PK SDF yang jatuh di ujung lapangan terbang Advent, Kabupaten Jayapura, Rabu 9 April pagi tadi. Jatuhnya pesawat diduga kelebihan muatan.

Kapolres Jayapura AKBP Sondang Siagian mengatakan, pesawat itu hanya mampu membawa muatan sekitar 700 kg. Sementara beban muatan yang diangkut pagi tadi lebih dari 700 kg.

"Sekitar di ketinggian 4 meter, pesawat miring ke kiri dan sayap kiri menabrak ujung jembatan yang berada di Jalan Raya Doyo Baru. Pesawat langsung jatuh dan terbakar. Ada dugaan kelebihan muatan, sehingga saat take off pesawat tidak bisa naik," katanya di lokasi kejadian, Rabu (9/4/2014).

Pesawat yang saat itu membawa sembako, lanjut Sondang, sedianya akan menyinggahi Kabupaten Mamberamo Raya. Selanjutnya pesawat akan disewa untuk menyuplai logistik ke Kabupaten Yahukimo.

Akibat kecelakaan ini, Bob Robert (63) sebagai pilot dan Denis Kobak (26), warga Yahim Sentani kota, Kabupaten Jayapura tewas di tempat.

"Korban lainnya yang selamat, saat ini sudah dirujuk ke Rumah Sakit Dian Harapan, di antaranya Yames Pahabol (32) warga Ninia, Yahukimo mengalami luka di wajah dan tangan kiri terbakar dan  Menas Balingga (29) warga Ninia, Yahukimo, patah leher," jelasnya.

Sementara 3 orang lainnya masih dirawat di RSUD Yowari, Kabupaten Jayapura dengan luka ringan, yakni Dariut Sugun (26) warga Ninia, Yahukimo, Ali Kobak (40) warga Ninia, Yahukimo dan Nike Kobak (28) warga Ninia, Yahukimo.

Bangkai pesawat hingga saat ini masih berada di lokasi kejadian, dan belum dapat dievakuasi untuk menunggu penyelidikan. Namun bangkai pesawat itu sudah ditutupi terpal berwarna biru.

Salah satu petugas di lokasi kejadian menyebutkan, kabarnya tim KNKT dari Amerika besok akan melakukan penyelidikan langsung untuk jatuhnya pesawat ini.

"Kebetulan KNKT Amerika sedang ada di Jakarta melakukan seminar dan malam ini akan terbang ke Jayapura untuk identifikasi kecelakaan. Pesawat ini termasuk pesawat baru dan langsung jatuh," jelas petugas itu.

Sementara itu jenazah pilot masih disemayamkan di hanggar milik misionaris Advent. Namun belum diketahui akan dikuburkan di mana jenazah tersebut. Puluhan jemaat Gereja Advent berkumpul memanjatkan doa dan memberikan penghiburan.

(Shinta Sinaga)

Baca Juga:

Pesawat Jatuh di Ujung Landasan Bandara Advent Papua, 2 Tewas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.