Sukses

Pesawat Jatuh di Ujung Landasan Bandara Advent Papua, 2 Tewas

Saat baru terbang sekitar ketinggian 10 meter, pesawat tiba-tiba menurun dan menabrak pinggiran jembatan.

Liputan6.com, Jayapura Pesawat latih jenis Godiak PK SDF, sekitar pukul 09.45 WIT, Rabu 9 April 2014 jatuh di ujung lapangan Bandara Advent, Kabupaten Jayapura. Pesawat yang berpenumpang 7 orang rencananya akan melakukan penerbangan ke Ninia, Mamberamo Raya dengan membawa sembako.

Akibat kejadian ini, dua orang meninggal di tempat, yakni pilot atas nama Bob Robert asal Amerika Serikat dan Darius.

Sementara 5 orang lainnya masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari, Kabupaten Jayapura. Kelima korban kritis diantaranya Yohanes, Yarius, Nes, Nike dan Al.

"Salah satu dari mereka sudah masuk di ruang ICU," jelas petugas di Advent yang ditemui di lokasi kejadian, Rabu (9/4/2014).

Sementara Wakapolres Jayapura, Kompol Gustaf Urbinas mengatakan pesawat diduga mengalami kesalahan teknis saat lepas landas. Cuaca saat penerbang mendung.

"Saat baru terbang sekitar ketinggian 10 meter, pesawat tiba-tiba menurun dan menabrak pinggiran jembatan Doyo Baru," katanya ketika ditemui di lokasi kejadian.

Pantauan di lapangan terlihat salah satu pintu pesawat masih tergantung di pinggir jembatan. Bangkai pesawat berwarna putih dengan strip hijau itu masih terdapat di lokasi jatuh pesawat, di sekitar kali dekat ujung landasan.

Warga setempat masih mengerumuni lokasi jatuhnya pesawat untuk melihat dari dekat bangkai kapal terbang itu. Sebagian dari warga ada yang terlihat memunguti puing bangkai pesawat dan juga sembako, seperti beras, mie instan dan minyak goreng yang berceceran. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.