Sukses

Hari H Pemilu, Pos Batas di Papua Ditembaki

Lokasi penembakan berada di belakang pos jaga yang ditumbuhi ilalang lebat.

Liputan6.com, Jayapura Penembakan kembali terjadi didaerah Wutung, perbatasan Papua dan Papua Nugini sekitar pukul 05.50 WIT, Rabu 9 April 2014. Tepat pada hari pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014.

Diduga kelompok yang melakukan penembakan itu berjumlah 10 orang. Mereka menembaki ke arah pos juga batas Yonif 623/Kapuas -- yang jaraknya sekitar 25 meter dari pos tersebut.

"Lokasi penembakan tepat di belakang pos jaga. Tempatnya ditutupi ilalang yang tingginya 1-1,5 meter. Kami masih siaga," kata salah satu petugas di lokasi kejadian, Rabu (9/4/2014).

Pasca penembakan 2 unit panser langsung melakukan penembakan balasan, hingga kelompok tersebut melarikan diri ke hutan.

Sejumlah pejabat Polda Papua kini sudah berada di lokasi kejadian, di antaranya Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian, Wakapolres Jayapura Kompol Kiki Kurnia.

Sebelumnya, penembakan juga terjadi di perbatasan Papua dan Papua Nugini pada Sabtu 5 April 2014. Sempat terjadi baku tembak antara aparat keamanan dengan sekitar 40 anggota kelompok sipil bersenjata di Papua. Korban dilaporkan berjumlah 3 orang yang diduga sebagai anggota kelompok sipil bersenjata.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua mengatakan, 1 korban di antaranya tewas dan 2 lainnya belum diketahui kondisinya.

Anggota Intelijen Kodim 1701/Jayapura Serma Tugino menjadi korban baku tembak ini. Kini ia masih dirawat di Rumah Sakit TNI Marthen Indey, Aryoko, Kota Jayapura, Papua. Kapolresta Jayapura AKBP Alfred Papare juga menjadi korban, namun tidak mengalami luka serius.

(Shinta Sinaga)

Baca juga:

Perbatasan RI-Papua Nugini Ditutup, Warga Pilih Jalur Laut

Pasca-penembakan, Perbatasan RI-Papua Nugini Akan Dibenahi

Anggota Kodim Jayapura Korban Baku Tembak Masih Dirawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.