Sukses

Jokowi Minta Pembangunan Waduk Rawa Kendal Rampung Tahun Ini

Waduk ini memiliki luas 55 hektar. Pekerja sudah mengerjakan 21 hektar.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau lokasi pembangunan Waduk Rawa Kendal, di kawasan Nusa Kirana Rorotan, Marunda, Jakarta Utara. Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat mencoba mengendarai alat berat eksavator.

Tiba di lokasi, Jokowi yang mengenakan kemeja putih, langsung menghampiri satu dari enam eksavator yang sedang mengeruk waduk. Didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Jokowi meminta juru kemudi eksavator mengajarinya cara mengendalikan alat pengeruk itu.

Tak butuh waktu lama, mantan Walikota Solo itu pun  menggerakkan tuas kemudi, menggerakkan eksavator. Perlahan alat keruk itu ‎bergerak dan mengeruk sedimen yang mengendap di dasar waduk.

Sekitar lima menit di ruang kemudi, Jokowi kemudian keluar. Sebelum meninggalkan lokasi, Jokowi mengingatkan penanggung jawab proyek agar pembangunan waduk selesai tepat waktu.

"Pokoknya tahun ini harus rampung. Ini agak lebar sih, paling lama 6 sampai 7 bulan selesai," ujarnya, Selasa (8/4/2014). Jokowi yakin, Waduk Rawa Kendal akan mampu mengurangi banjir, khususnya di wilayah timur dan utara Jakarta.

Waduk ini memiliki luas 55 hektar. Pekerja sudah mengerjakan 21 hektar. "Ini sanggup menampung 1 juta meter kubik air," jelas Jokowi. Rencananya, Waduk Rawa Kendal akan dihubungkan dengan Waduk Marunda dan kali penghubung. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.