Sukses

Sampah Menggunung di Ciracas, Warga Ngeluh Terserang Penyakit

Pembakaran sampah setiap hari menyebabkan warga alami sesak nafas. Selain itu juga banyak anak-anak terkena muntaber.

Liputan6.com, Jakarta - Tumpukan sampah di RW 10, Ciracas, Jakarta Timur sangat mengkhawatirkan. Selain bau tak sedap, tumpukan sampah menyebabkan warga menderita berbagai penyakit, seperti sesak nafas dan muntaber.

Sampah itu berada di atas lahan 3 hektar dengan tinggi mencapai 1 meter. Sesak nafas yang dialami warga itu lantaran terkena asap. Sebab, sampah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar itu setiap hari dibakar.

"Wilayah ini jadi kumuh, bau, kelihatan nggak tertata. Lalat juga banyak jadi warga kena muntaber. Belum lagi, sampah yang setiap hari dibakar, warga di sini jadi sering ngeluh sesak nafas," kata salah seorang warga, Hambali di lokasi, Selasa (8/4/2014).

Ratusan warga di lingkungan itu terpaksa membuang sampah di lahan itu, karena tidak ada TPS resmi di sekitar lokasi. TPS terdekat ada di Kelapa Dua Wetan, yang berjarak sekitar 5 kilometer dari permukiman warga.

"Kami sudah minta supaya sampah cepat diangkut, tapi alasannya tidak ada akses jalan masuk mobil. Ya biar nggak terus numpuk, terpaksa kami bakar," lanjut Hambali.

Padahal, Hambali bersama warga lainnya sudah meminta pemerintah menyediakan TPS di lingkungan RW 10. Dirinya berharap, lahan dengan luas total 10 hektar itu dibeli pemerintah, sebagai ruang terbuka hijau.

"Daripada jadi tempat buang sampah, lebih baik buat ruang terbuka hijau. Jadi nggak kumuh dan buat penyakit," pungkas Hambali. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

[VIDEO] Banjir Kiriman dari Bogor Rendam Kampung Melayu

Terobos Lampu Merah, Biker Tewas Hantam Trotoar Rawamangun

Ahok: Nanti Motor Tak Boleh Lewat 5 Jalan Utama Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini