Sukses

MH370 Lintasi Indonesia untuk Hilangkan Jejak?

Hasil penyelidikan radar terbaru menyebut bahwa pesawat MH370 melintasi utara Aceh.

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Sudah sebulan berlalu, namun fisik dari pesawat Malaysia Airlines MH370 belum ditemukan. Upaya pencarian di Samudera Hindia, sebelah selatan, dekat Perth, Australia terus dilakukan. Kabar terbaru, tim pencari mendeteksi sinyal "ping" diduga dari black box MH370 di bawah lautan Hindia.

Hasil penyelidikan radar terbaru menyebut bahwa pesawat MH370 yang terbang dengan rute dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Beijing, China itu balik arah melintasi Malaysia. Kemudian belok ke arah barat melintasi Selat Malaka dan wilayah udara Indonesia, dekat Pulau Weh, Aceh. Lalu belok ke selatan menuju Samudera Hindia hingga dekat Perth, Australia

Kata sumber pejabat Malaysia kepada CNN, yang dikutip Liputan6.com, Senin (7/4/2014), pembelokan jalur itu dilakukan untuk menghilangkan jejak pesawat dari radar. Siapapun yang menerbangkan pesawat itu kemungkinan berusaha untuk mengelabui deteksi radar Indonesia.

Analis hukum Tom Fuentes berpendapat, meski demikian, masih ada misteri yang belum terungkap jika perjalanan MH370 seperti itu. Yakni apa tujuan dan mengapa penyimpangan jalur dan upaya menghilangkan jejak dari radar itu dilakukan.

"Saya pikir ada banyak radar di sejumlah daerah. Mungkin juga memang pesawat diterbangkan melalui jalur tersebut, tapi tetap menjadi misteri, mengapa itu bisa terjadi," ujar Tom.


                                               Rute MH370 Berdasarkan Pejabat Malaysia Kepada CNN

Analis penerbangan CNN Miles O'Brien menilai apabila benar pembelokan jalur itu dilakukan, berarti sang penerbangan sudah sangat menguasa jalur udara tersebut. Setidaknya ia tahu titik-titik untuk mengelabui radar.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Hadi Tjahjanto sebelumnya menyatakan, radar mereka tidak menangkap keberadaan pesawat MH370 yang dinyatakan jatuh di Samudera Hindia bagian selatan.

"Radar RI tidak menangkap," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Hadi Tjahjanto dalam pesan singkat yang diterima Liputan6.com, 25 Maret 2014.

Memang, Malaysia menyimpulkan pesawat Boeing 777-200ER yang mengangkut 227 penumpang dan 12 kru itu jatuh di Samudera Hindia bagian selatan. Lantas, mengapa radar militer Indonesia tak menangkap MH370?

Apakah pesawat yang seharusnya terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing itu benar tidak melintasi wilayah Indonesia saat menuju Samudera Hindia? Hadi tak menjawab secara jelas. "Ya, radar kita tidak menangkap adanya MH370," tutur Hadi.

Baca Juga:

`Rute Sesat` Malaysia Airlines MH370

Perbandingan Malaysia Airlines dengan Adam Air yang Hilang Misterius

Politisi AS: Pesawat MH370 Mendarat di Indonesia dan Jadi `Rudal`

Black Box Tak Bisa Ungkap Misteri `Rute Sesat` MH370?

`Missed Calls` dari WNI Penumpang MH370? Ini Kata Malaysia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.