Sukses

Puncak Hujan Ringan, Bendungan Katulampa Siaga 3

Diperkirakan air Ciliwung akan sampai di Jakarta pada sekitar pukul 06.00 WIB

Liputan6.com, Bogor - Setelah ketinggian air Sungai Ciliwung di Bandungan Katulampa sempat menyentuh angka 150 centimeter atau berstatus Siaga III, kini telah berangsur menurun.

Pantauan Liputan6.com pada Minggu (6/4/2014) pukul 23.00 WIB, ketinggian air di bendungan yang terletak di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor ini menurun menjadi 100 cm atau masih di status Siaga III.

Kepala Pengawas Bendungan Katulampa Andi Sudirman mengatakan, sejak pukul 20.00 WIB volume air di Sungai Ciliwung sudah mengalami penurunan dari 150 menjadi 140 cm. Kemudian pada pukul 21.00 WIB turun menjadi 130 cm dan pukul 22.00 WIB menjadi 100 cm.

Andi melanjutkan, jika di angka 100 cm atau di level Siaga III tersebut diperkirakan volume air yang melewati bendungan tersebut sebanyak 138 ribu liter per detik.

"Namun angka ini bisa bertambah jika di Puncak hujan," katanya kepada Liputan6.com, Minggu (6/4/2014).

Andi menambahkan, diperkirakan air Ciliwung akan sampai di Jakarta pada sekitar pukul 06.00 WIB. Saat ini di untuk di wilayah Puncak sendiri kondisinya masih hujan, namun dengan intensitas yang ringan.

"Puncak masih terpantau gerimis halus," ungkapnya.

Pihaknya juga masih terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak, Depok dan Jakarta untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," pungkasnya. (Anri Syaiful)

Baca juga:

Malam Ini Status Katulampa Mendekati Siaga II
Titik Banjir Minggu Pagi Pekan Pertama April
[VIDEO] Katulampa Sabtu Malam Siaga III, Waspada Banjir Kiriman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini