Sukses

Rel Baru Diuji, Jalur Selatan Bergeser 3 Meter

PT KAI kebut perbaikan rel kereta jalur selatan, pasca-longsor di Tasikmalaya. Rencananya uji coba rel baru digelar sore ini.

Liputan6.com, Tasikmalaya - Pascabencana longsor di Desa Mekarsari, Kadipaten, Tasikmalaya, Jawa Barat, perbaikan rel kereta api jalur selatan terus dikebut. Sementara jalur baru yang dibangun PT KAI bergeser 3 meter dari jalur semula. Rencananya uji coba jalur baru akan digoler sore ini.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (6/4/2014), pemasangan tiang pancang dan batu-batuan dilakukan untuk memperkuat tanah di daerah yang longsor.

Tim evakuasi PT Kereta Api Indonesia (KAI) fokus pada perbaikan jalur. Sementara lokomotif yang masuk ke jurang akan dievakuasi setelah perbaikan rel. Perbaikan dilakukan dengan mengerahkan bantuan alat berat milik TNI.

Longsor yang terjadi di KM 244 Desa Mekarsari, Tasikmalaya Jumat 4 April ini mengakibatkan KA Malabar terguling dan terjun ke jurang. KA Malabar yang melaju dari arah Bandung menuju Tasikmalaya anjlok setelah melintasi rel yang ambles tergerus longsor.

Peristiwa ini menyebabkan lokomotif dan 2 gerbong kereta terjun ke jurang. Akibatnya 3 orang tewas dan 10 lainnya luka-luka. 2 Korban luka di antaranya merupakan WN Prancis yang tengah berlibur.

Baca juga:
Ini Penyebab Tergulinganya Kereta Malabar di Tasikmalaya
KA Malabar Terguling, 28 Perjalanan Kereta Dialihkan ke Utara
Fokus Perbaikan Rel, PT KAI Belum Evakuasi Lokomotif KA Malabar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.