Sukses

Tornado Terjang Texas, 9 Negara Bagian AS Bersiaga

Peringatan tornado dikumandangkan untuk kawasan di utara pusat kota Texas pada Kamismalam waktu setempat atau pagi waktu Indonesia.

Liputan6.com, Texas - Peringatan tornado dikeluarkan untuk kawasan di utara pusat Texas pada Kamis 3 April 2014 malam waktu setempat. Atau pagi waktu Indonesia. Beberapa bagian di AS juga di bawah ancaman akan diterjang topan.

Menurut Kantor Sheriff Denton County kepada NBC News, yang dilansir Jumat (4/4/2014), dari informasi Badan layanan cuaca atau National Weather Service, tornado telah mendarat di kota Krum, Texas, pada Kamis waktu setempat. Namun lokasi pasti dan kerusakan yang terjadi akibat terjangan tornado belum diketahui. Begitu juga dengan korban cedera, belum ada laporan.

Pemantau badai dan radar Doppler melihat tornado terjadi 3 km sebelah barat daya dari Krum, bergerak ke arah timur menuju kota Denton, lalu terjadi hujan es berukuran sebesar bola golf. Tornado juga dikonfirmasi terjadi di luar St Louis.

Layanan cuaca juga mengeluarkan peringatan tornado untuk beberapa daerah di Missouri yang terdeteksi berpotensi badai. Badan prakiraan cuaca mengatakan, hal ini bisa menjadi tornado pertama yang signifikan musim ini.

Orang-orang yang tinggal di Benton selatan dan Hickory utara, mendapati peringatan pada sekitar pukul 17.15. Penduduk pun diminta untuk berlindung pada saat ini.

Peringatan lain sebelumnya dikeluarkan untuk Dallas, Distrik Hickory, dan Polk, tidak jauh dari Springfield. Potensi badai yang terbentuk jelas lebih terlihat di barat, pusat Missouri ke tenggara Kansas pada Kamis malam.

Ancaman badai besar dan mungkin tornado masih tinggi di 9 negara yang membentang dari selatan ke Iowa, Texas timur, dan Louisiana, demikian dilaporkan Weather Channel. Warga di kesembilan negara itu pun bersiaga dan bersiap dengan kedatangan cuaca buruk itu.

Pada awal, peringatan radar Missouri telah menunjukkan terjadi rotasi badai, salah satu tanda kemungkinan tornado. Puing-puing terbang akibat angin kencang pun membahayakan warga sehingga mereka diminta untuk berlindung. Diperkirakan badai akan terjadi pada larut malam .

Menurut pemantau tornado, diperkirakan akan terjadi di 4 negara bagian: Arkansas, Kansas, Missouri, dan Oklahoma. Sampai pukul 22.00. Badan prakiraan cuaca memperkirakan sedikitnya 50 juta orang berada pada risiko badai besar dan hujan es. (Yus Ariyanto)

Baca Juga:

Cuaca Buruk, Penumpang DragonAir Terjebak di Pesawat 7 Jam

[VIDEO] Dahsyatnya Pergerakan Topan dari Luar Angkasa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.