Sukses

Bengkulu Digoyang Gempa 5,7 SR, Warga Khawatir Tsunami

Bengkulu kembali digoyang gempa bumi berkekuatan 5,7 skala Richter.

Liputan6.com, Bengkulu - Bengkulu kembali digoyang gempa bumi berkekuatan 5,7 skala Richter. Titik gempa berada pada posisi 181 kilometer barat daya Bengkulu Selatan pada kedalaman 10 kilometer.

Prakirawan BMKG Bengkulu Novita Diah menyatakan, posisi titik gempa berada pada 5,55 lintang selatan dan 101,97 bujur timur.

"Terjadi pukul 16.30 WIB dan tidak berpotensi tsunami dan belum ada perkiraan gempa susulan, jika terjadi kemungkinan getarannya lebih kecil," ujar Novita di Bengkulu (3/4/2014).

Sementara itu pantauan Liputan6.com di pesisir pantai Malabero Kota Bengkulu, terlihat warga berhamburan ke luar rumah. Meski getarannya tidak terlalu besar, kondisi ini cukup mengagetkan warga.

Terlihat pula puluhan pemuda menuju ke bibir pantai untuk memantau pergerakan air laut. Jika terjadi susut mendadak maka segera melakukan evakuasi.

"Kami memantau dan berjaga jika air laut susut mendadak. Jalur evakuasi memang sudah siap dan warga beberapa kali melakukan simulasi. Jadi masing-masing sudah tahu ke mana harus lari. Mereka menunggu kode dari kami," ujar Zainal Abidin warga Malabero di pinggir laut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.