Sukses

Gempa 4,5 SR di Yogyakarta Tak Terkait Chile

Gempa 4,5 SR menggoyang Yogyakarta. Apakah itu terkait dengan gempa di Chili?

Liputan6.com, Jakarta - Gempa 4,5 SR menggoyang Yogyakarta. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan gempa yang terjadi pada pukul 18.21 WIB itu berpusat di darat 28 km Tenggara Yogyakarta. Namun apakah itu terkait dengan gempa di Chili yang berkekuatan 8,2 skala Richter pada Selasa 1 April 2014 malam.

"Gempa ini tak ada kaitan dengan gempa 8 SR di Chili," tegas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/4/2014).

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan selalu waspada. "Abaikan jika ada hoax yang menyebarkan info yang menyesatkan. Selalu tanyakan kepada BMKG, BNPB dan BPBD terkait ancaman bencana," ucap Sutopo.

Sutopo menambahkan, diperkirakan sumber gempa Yogyakarta berasal dari Sesar Opak. Gempa dirasakan ringan hingga sedang oleh masyarakat di Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah perbatasan dengan DIY.

"Intensitas gempa dirasakan III MMI di Yogyakarta dan II-III MMI di Klaten dan Bantul," imbuhnya.

Hingga kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. BNPB kabupaten/kota dan Korem 072/Pamungkas TNI melaporkan belum ada kerusakan. Petugas masih melakukan pemantauan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.

    Yogyakarta

  • negara yang terletak di bagian tenggara Amerika.
    negara yang terletak di bagian tenggara Amerika.

    Chili