Sukses

6 Tips Aman dan Nyaman Menggunakan Angkutan Umum

6 tips aman dan nyaman bagi Anda yang menggunakan transportasi umum

Citizen6, Jakarta Kemacetan memang selalu menjadi masalah utama di ibukota. Salah satu cara mengatasi kemacetan tersebut adalah dengan membuat jenis transportasi massa yang memadai.

Saat ini, pasangan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Wakilnya Basuki Tjahya Purnama membuat berbagai program untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi pengguna angkutan umum di Jakarta.

Sebut saja Transjakarta, Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Transjakarta (APTB), Commuter Line, dan saat ini yang sedang dalam proses pengerjaan adalah proyek monorail.

Meskipun para pengguna kendaraan roda dua dan empat telah banyak yang beralih ke salah satu moda transportasi ini, namun tidak sedikit pula dari mereka yang masih tetap setia menggunakan angkutan umum yang belum terintegrasi.

Walaupun rasa tidak nyaman, seperti kepanasan, berdesak-desakan, sering terjebak kemacetan yang panjang, pelecehan, bahkan pencopetan harus menjadi santapan mereka sehari-hari.

Lalu, bagaimana cara penumpang mengatasi ketidaknyamanan tersebut? Berikut 6 tips aman dan nyaman bagi Anda yang menggunakan transportasi umum yang berhadil dirangkum oleh Tim Citizen6:

1. Mainkan Gadget

Tidak bisa dipungkiri saat ini, gadget menjadi hal penting untuk dibawa saat bepergian. Selain bisa mengusir kebosanan dengan bermain game, mendengarkan musik, sms-an, sebuah gadget juga bisa membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas penting kantor lainnya disaat Anda terjebak kemacetan.

2. Tidurlah sambil memeluk tas

Banyaknya tangan-tangan jahil di dalam bus, bagi para ibu-ibu yang menggunakan jenis angkutan ini harus lebih ekstra hati-hati. Bila mata Anda sudah mulai terasa berat alias mengantuk peluklah tas Anda erat-erat di depan dada saat duduk. Begitu pula saat Anda berdiri, lakukanlah hal yang sama, ini untuk meminimalisir aksi pencopetan dengan cara di silet, dijambret, dan lain sebagainya.

3. Mengobrol atau bercerita

Selain gadget, cara lain agar mengusir kebosenan, ajaklah teman Anda untuk mengobrol. Banyak hal yang bisa dijadikan tema pembicaraan, dari mulai soal pekerjaan, pacar, tempat makan yang enak dimana, musik, film, dan masih banyak lagi.

4. Bawalah cemilan

Bawalah tumbler dan cemilan selain bisa mengusir rasa jenuh sekaligus mengisi perut yang masih keroncongan karena terjebak macet yang panjang.

5. Dengarkan musik dari para seniman jalanan

Bila gadget Anda mengalami lowbat, lagu-lagu  yang dilantunkan oleh para seniman jalanan bisa menjadi hiburan dan memiliki daya tarik tersendiri. Petikan suara mandolin rakitan, gitar, gendang, biola, bahkan organ dimainkan sedemikan rupa sehingga mengeluarkan suara yang pantas untuk dinikmati.

Dari semua alat tersebut, semua jenis musik pun mampu dimainkan. Dari musik pop, instrumental, dangdut, lagu barat, keroncong, bahkan rap bisa menghibur hati Anda yang mungkin sedang badmod atau gundah.

6. Baca Buku

Selain Anda bisa membawa buku bacaan favorit seperi novel, buku-buku motivasi, spiritual atau tips-tips sehat bisa menjadi pilihan agar perjalanan Anda yang panjang tidak membosankan.

Jika Anda mempunyai tips-tips lainnya, silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah ini. (mar)

 

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini