Sukses

Menang Konsep Eco-District, Bandung Dapat Hibah dari Prancis

Hadiah sayembara ini diberikan oleh negara maju kepada Indonesia untuk mendorong pembangunan menjadi ramah lingkungan.

Liputan6.com, Bandung - Kota Bandung mendapatkan dana hibah dari Prancis setelah menjadi juara kontes konsep Eco-District untuk kawasan Tamansari-Cikapundung. Dalam sayembara ini Kota Bandung menyingkirkan 140 Kota lainnya di Indonesia.

Wali Kota Badung, Ridwan Kamil mengatakan hadiah sayembara ini diberikan oleh negara maju kepada Indonesia untuk mendorong pembangunan menjadi ramah lingkungan.

"Alhamdullilah, kita juara. Ini sayembaranya sudah dari 3 bulan lalu. Yang bikin konsepnya tim Bappeda, diarahkan oleh saya dan dibantu oleh konsultan Pusat Studi Urban Desain ITB," jelasnya di Bandung, Selasa (1/4/2014).

Ditambahkan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dirinya menilai Kota Bandung berhasil memenangkan sayembara karena konsep ingin membangun dengan ramah lingkungan tanpa menggusur warga sekitar.

"Jadi kuncinya itu, membangun tanpa menggusur. Penduduk di kawasan itu tetap tinggal di situ. Selain itu ada kemandirian energi, bikin taman di lingkungan yang terbatas, juga rencana skywalk supaya jadi ramah pejalan kaki. Tapi yang membuat kita menang itu cara menjernihkan airnya," ucapnya.

Emil menuturkan pada Juni nanti, pihak Pemkot Bandung akan menerima penghargaan tersebut di Perancis dan mendapatkan dana hibah untuk merealisasikan konsep yang sudah diberikan,

"Jadi bukan hanya dapat sertifikat, tapi juga dikerjakan. Mungkin nanti setelah Juni itu kita buat tahap satunya," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini