Sukses

Perjuangan Nenek Yibin Gendong Cucu ke Sekolah Setiap Hari

Ia rela menggendong cucunya Mei Qiu yang memiliki kelainan pada bagian lutut dan tak bisa berjalan.

Liputan6.com, Beijing - Rasa cinta nenek Yibin kepada sang cucu begitu besar. Ia rela menggendong Mei Qiu (14) ke sekolah setiap hari, meski usianya tak lagi muda. Si bocah memiliki kelainan pada bagian lutut dan tak bisa berjalan.

Tiap pagi, nenek Yibin jalan berbukit yang jaraknya sekitar 4 kilometer. Meski berat memanggul sang cucu,  Nenek Yibin tetap terlihat semangat. Karena hanya itu yang bisa dilakukannya.

Dilansir dari Oddity Central, Senin (31/3/2014), nenek berusia 66 tahun itu bangun pukul 05.00 pagi setiap hari, dan mempersiapkan segala keperluan Mei.

Pukul 07.00 pagi, Nenek Yibi dan Mei memulai perjalanan mereka ke sekolah. Mei bersandar di punggung sang nenek yang usianya sudah separuh abad itu. Sesekali, Nenek Yibin pun berhenti untuk beristirahat. Setidaknya lima kali selama perjalanan.

Dari rumah menuju sekolah, mereka membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam berjalan kaki. Dan mereka tidak pernah terlambat --Nenek Yibin memastikan mereka bisa mencapai sekolah pukul 08.30 setiap hari.

Mereka telah melakukan ini selama 5 tahun, menempuh jarak total lebih dari 4.000 kilometer sejauh ini.

Tugas Nenek Yibin setiap hari benar-benar sulit, bahkan untuk seseorang yang jauh lebih muda dan lebih kuat.

Namun nenek 66 tahun itu mengaku tidak tahu harus bagaimana lagi. Nenek Yibin khawatir memikirkan bagaimana kehidupan Mei ketika ia dan suaminya meninggal nanti.

Seperti mimpi buruk Yibin yang begitu menakutkan. Dalam mimpi itu, Mei tergelincir di genangan air dan dia mencoba untuk menjangkau membantunya berjuang, tapi tangan mereka tidak pernah bertemu.
 
Tentu saja sebagai cucu, Mei tak tega melihat sang nenek menggendongnya. Tapi ia tak punya pilihan lain. Dia sudah mencoba untuk menopang berat tubuhnya pada dua batang bambu buatan tangan, dan mencoba untuk berjalan. Tapi dengan cara itu ia tak sanggup ke sekolah sendiri.

Untuk menunjukkan baktinya pada sang nenek, Mei belajar sangat keras. Ia tak mau upaya perempuan sepuh itu sia-sia.

Mei bercita-cita suatu hari ia bisa membangun sebuah rumah yang indah. Untuk diberikan ke neneknya sebagai ucapan 'terima kasih' karena telah membantunya sampai ke sekolah.

Bantuan

Untungnya, cerita pahit Nenek Yibin memiliki akhir yang bahagia. Setelah kisah hidupnya dengan Mei terkespos dunia, pemerintah setempat memutuskan untuk membantu.

Keluarga kecil itu kini telah pindah ke rumah yang lebih dekat dengan sekolah, dan Fang Mei telah diberikan kursi roda yang memungkinkannya bergerak secara mandiri.

Pihak berwenang juga telah memanggil institusi medis lokal, untuk melihat apakah kondisi gadis muda itu bisa diobati.

Fang Mei lahir dengan tempurung lutut tak normal. Yang membuatnya tak mampu menopang bobot tubuhnya. Jadi, dia tidak bisa berdiri selama lebih dari beberapa menit tanpa sakit luar biasa, apalagi berjalan ke sekolah.

Malang, ayahnya meninggalkan ketika dia masih bayi dan ibunya menikah lagi. Mei pun di rawat oleh kakek-neneknya. Keduanya merawat Mei dengan penuh kasih sayang.

Sang kakek terlalu tua dan sakit-sakitan untuk mengurus Mei. Sehingga Nenek Yibin lah yang berperan banyak dalam keluarga kecil itu. Berkat kasih sayang mereka, kini kehidupan Mei pun lebih baik.

Baca Juga:

Bertubuh Besar Seperti Raksasa, Pria Ini Bebas dari Penjara

Menanti Hukuman Mati 46 Tahun, Iwao Hakamada Akhirnya Bebas

Caleg Irak Berambut Pirang dan Berdandan Menor Di-Bully

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini