Sukses

Dibakar, Api di Kawasan Cagar Biosfer Riau Kembali Berkobar

Kawasan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil yang sempat padam kembali berkobar karena dibakar oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kebakaran hutan dan lahan terus terjadi di Riau. Kawasan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil yang sempat padam kembali berkobar. Penyebabnya bukan karena cuaca, melainkan dibakar oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

"Cagar Biosfer dibakar lagi. Dari arah utara terlihat kepulan asap tebal. Pemadaman tengah dilakukan tim darat," kata Dansatgas Darat Penanggulangan Asap Riau Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Minggu (30/3/2014) malam.

Selain Cagar Biosfer, areal lahan yang terletak di sebelah lintasan pacu Bandara Kota Dumai juga terbakar. Pemadaman udara tidak bisa dilakukan karena jarak pandang pendek. Helikopter Sikorsky dan Kamov tidak bisa terbang karena kabut asap.

"Akhirnya, satgas darat yang bekerja. Koramil dibantu masyarakat setempat tengah berusaha memadamkan api. Besok pagi, mudah-mudahan sudah padam karena kebakaran mendekati areal kanal," kata Prihadi.

Dengan terjadinya kebakaran, sebut Prihadi, potensi langit Riau diselimuti kabut asap sangat besar. Namun, asap itu tidak akan sampai ke Pekanbaru karena angin bertiup dari arah tenggara menuju Dumai.

"Kalau nanti anginnya berputar, asap bisa pekat bisa masuk ke Pekanbaru dan berpotensi mengganggu aktivitas Bandara Sutan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru," pungkas Prihadi.

Berdasarkan Pantauan Satelit Terra dan Aqua, terdapat 12 titik api yang tersebar di Bengkalis, Dumai, Kampar, Pelalawan dan Indragiri Hilir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini