Sukses

Jelang Libur Nyepi dan Akhir Pekan, Pantura Macet

Libur akhir pekan dan Hari Raya Nyepi menimbukan kemacetan di jalur pantura Subang, Jawa Barat.

Liputan6.com, Subang - Libur akhir pekan dan Hari Raya Nyepi menimbulkan kemacetan di jalur pantura Subang, Jawa Barat. Lonjakan kendaraan yang melintasi ruas pantura ini terjadi sejak kemarin malam hingga siang tadi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (29/3/2014), kendaraan mengular panjang hingga berjam-jam lamanya. Kepadatan terjadi terutama di ruas arah Jakarta menuju Cirebon.

Terdapat sejumlah titik simpul kemacetan. Di antaranya ruas pantura Sukamandi dan Ciasem, serta ruas pantura Mandalawangi, Kecamatan Sukasari, Subang.

Untuk menghindari kemacetan, para pengendara dari Jakarta tujuan Cirebon atau Jawa Tengah, diimbau menggunakan jalur tengah via Sadang, Subang, dan Cikamurang.

Arus di jalur selatan yang melintasi wilayah Banyumas, Jawa Tengah, juga mengalami kepadatan. Kemacetan terjadi di jalur utama Ajibarang, Cilongok dan Sokaraja. Antrean kendaraan mencapai puluhan kilometer.

Kemacetan terjadi karena banyaknya pertemuan jalur arah Jakarta dengan Bandung. Seperti di Kota Ajibarang, Banyumas. Jalur sempat lumpuh hingga 3 jam akibat kendaraan tak bisa bergerak. Selain berada di pertigaan arah Jakarta dan Bandung, di sini juga terdapat Pasar Tumpah.

Tol Cipularang Purwakarta, Jawa Barat, hari ini juga dipadati ribuan kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung. Kepadatan didominasi kendaraan pribadi.

Diperkirakan volume kendaraan dari Jakarta menuju Bandung akan terus meningkat hingga malam nanti, seiring masa libur akhir pekan dan Hari Raya Nyepi. (Anri Syaiful)

Baca juga:

Libur Panjang, Jalur Puncak Macet 8 KM

Cek Lalu Lintas Kamis Pekan Keempat Maret Ini

Jelang Hari Raya Nyepi, Pantai Kuta Dipadati Umat Hindu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.