Sukses

Puncak Hujan Deras, Katulampa Siaga IV

Debit air di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat kembali naik. Melampaui level normal.

Liputan6.com, Bogor Hujan deras yang mengguyur Puncak, Bogor, dan sekitarnya sejak siang hari, mengakibatkan debit air di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat kembali naik. Pantauan Liputan6.com hingga pukul 18.00 WIB mencapai 70 cm atau Siaga IV.

Kepala Bendungan Katulampa Andi Sudirman mengatakan, volume air di Sungai Ciliwung mengalami peningkatan sejak pukul 15.00 WIB menjadi 60 cm dari titik normal yaitu 50 cm. "Dari Puncak sudah turun hujan dari siang tadi," jelasnya kepada Liputan6.com, Jumat (28/3/2014).

Ia melanjutkan, bahkan ketinggian air di Bendungan Katulampa bertambah lagi pada pukul 18.00 WIB menyentuh angka 70 cm atau berstatus Siaga IV. Kemungkinan arus air ini akan tiba di Jakarta malam ini. Volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini diperkirakan sebanyak 90 ribu liter per detik.

"Debit air di aliran Sungai Ciliwung tersebut akan tiba di Jakarta 12 jam kemudian. Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," jelasnya.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

Hingga saat ini hujan dengan intensitas lebat masih mengguyur Bogor. Bila hujan tidak berhenti selama beberapa jam, dimungkinkan volume air akan bertambah.

(Shinta Sinaga)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini