Sukses

Ahok: Warga Kampung Pulo Mengalah 25 Meter, Dijamin Tak Banjir

Ahok menyatakan membangun Jakarta memang tidak semudah membalik telapak tangan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok menyatakan membangun Jakarta memang tidak semudah membalik telapak tangan. Butuh waku tidak sedikit.

"Jadi kasih kami waktu. 1,5 tahun ini belum," kata Ahok di Warung Daun, Jakarta, Jumat (28/3/2014).

Ia mencontohkan wilayah Kampung Pulo yang setiap tahun selalu menjadi terkena banjir. Menurut dia, seandainya warga setempat mau 'mengalah' tidak tinggal di bantaran kali, maka banjir tahunan di Kampung Pulo bisa dicegah.

Sebab, Pemerintah Provinsi ingin membangun jalan inspeksi selebar 25 meter di kanan-kiri penggir Kali Ciliwung untuk mencegah air masuk ke pemukiman.

"Kampung Pulo, kalau mereka mau mengalah 25 meter, saya jamin nggak banjir," ucap Ahok.
 
Politisi senior PDI Perjuangan Sabam Sirait juga memberi pandangannya mengenai Jakarta. Menurut Sabam, membangun Jakarta tak cuma dilakukan pemerintah, tapi juga memerlukan partisipasi dan peran masyarakat.

"Jakarta bukan tidak bisa dibangun, tapi juga butuh partisiapasi masyarakat," kata Sabam.

Misalnya saja tentang salah satu 'penyakit' akut di Jakarta, yakni banjir. Peran masyarakat sangat diperlukan untuk turut mencegah banjir. Kesadaran masyarakat amat penting untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Jangan buang sampah di mana-mana. Saya lihat juga dari mobil-mobil mewah sampah dibuang begitu saja di jalanan," kata calon anggota DPD dari DKI Jakarta ini.

Membangun Jakarta, ia pun coba melihat apa yang pernah dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin. Hal yang pertama dilakukan Ali Sadikin membangun Jakarta adalah dengan membuat jalan-jalan sempit atau gang sebagai akses di perkampungan menjadi lebih 'manusiawi'.

"Dulu itu gang-gang itu masih berlumpur. Dia bangun itu gang-gang, tetap kecil tapi menjadi tidak berlumpur lagi," ucapnya.

Sabam pun melihat, bahwa Ali Sadikin tak 'sempurna' membangun Jakarta. Ada beberapa aspek yang dinilainya tak berhasil membangun Jakarta. "Tapi jangan kira dia berhasil dalam semua hal," tukas Sabam. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Marah Hibah Bus Terhambat, Ahok Pukuli Mobil Dinasnya

Jokowi Prabowo Berebut Suara Purnawirawan, Ahok: Saya Nggak Tahu

2 PNS Tersangka Korupsi Transjakarta, Ahok: Kejagung Aturlah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini