Sukses

777 Titik Api Kepung Riau, Jarak Pandang 2 Km di Pekanbaru

Satelit Terra dan Aqua mendeteksi ada 777 titik api di Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru - 3.874 Kali water bombing dan 83,9 ton garam yang ditabur di Riau, ternyata belum mampu menghilangkan titik api. Setiap hari, titik api baru muncul dan cenderung meningkat. Pada hari ini, Satelit Terra dan Aqua mendeteksi 777 titik.

"Kemarin, terpantau 219 titik. Hari ini meningkat tajam menjadi 777 di beberapa kabupaten/kota di Riau," jelas Dansatgas Penerangan Penanggulangan Asap Riau Kolonel Infanteri Bernardus Robert di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin di Pekanbaru, Riau, Jumat (28/3/2014).

Daerah yang paling banyak titik apinya, imbuh Robert, masih Kabupaten Bengkalis yaitu 310 titik. Kemudian disusul Rokan Hilir sebanyak 103 titik, Siak 99 titik, Kota Dumai 95 titik, Indragiri Hilir 50 titik, Pelalawan 44 titik, Indragiri Hulu 41 titik, dan Kepulauan Meranti 35 titik.

Selain Terra, Satelit NOAA 18 mendeteksi sebanyak 173 titik api yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Riau. Bengkalis masih menduduki posisi pertama sebanyak 33 titik.

"Di Pelalawan terpantau 29 titik, Kota Dumai 22, Rokan Hilir 22, Siak 20, Indragiri Hulu 16, Indragiri Hilir 11, Kuantan Singingi 7, Kampar. 6, Kepulauan Meranti 6 dan Rokan Hulu 1," terang Robert.

Akibat meningkatnya titip api, kabut asap kembali menyelimuti wilayah Riau. Pantauan Citra Satelit terlihat jarak pandang di Pekanbaru berkisar 2 kilometer.

Meningkatnya titik api, 3.000 personel TNI dari berbagai satuan dikerahkan ke titik api yang paling banyak. "Mari kita doakan bersama agar Satgas Operasi Terpadu Penanganan Bencana Asap di Riau dapat bekerja maksimal," imbuh Robert.

Selain itu, Robert mengungkapkan, 8 helikopter milik TNI AU kembali melakukan water bombing. Bengkalis menjadi fokus utama karena banyak titik api. "Daerah lainnya dipadamkan Satgas Darat," katanya.

Selanjutnya, pesawat Cassa dan Hercules kembali diterbangkan untuk menabur garam. "Awan akan disemai garam. Mudah-mudahan terjadi hujan dan api bisa dipadamkan dengan cepat," pungkas Robert.

(Shinta Sinaga)

Baca juga:

Titik Api Terus Muncul, Masa Tanggap Darurat Asap Diperpanjang
5 Ton garam Disebar, Hujan Guyur Lagi Lahan Terbakar di Riau
3.074 Bom Air untuk Padamkan 5 Titik Api di Riau

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.