Sukses

Video Aksi Pencarian MH370 Dihadang Ombak Dahsyat Ternyata Palsu?

Belakangan terungkap, rekaman aksi heroik tersebut tak ada kaitannya dengan upaya menemukan MH370.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Pencarian puing-puing diduga Malaysia Airlines MH370 di Samudera Hindia tak mudah dilakukan. Tim pencari menghadapi cuaca buruk yang melanda lautan luas itu. Visibilitas hampir nol, awan menutupi hingga permukaan air. Ditambah lagi dengan turbulensi parah dan udara yang membekukan.

Sebuah video beredar, mengklaim menggambarkan sulitnya pencarian di Samudera Hindia yang ganas. Sebuah kapal dihadang tingginya ombak dan gelombang.

Namun, belakangan terungkap, rekaman tersebut tak ada kaitannya dengan upaya menemukan MH370. Nyatanya video tersebut adalah rekaman saat kapal pengangkut minyak dan gas mengarungi Samudera Atlantik.

Mengapa bisa video yang tak ada sangkut pautnya menyebar dan diklaim terkait dengan pencarian pesawat Malaysia Airlines yang raib?

Seperti dikutip Liputan6.com dari Fz.com, begini ujung pangkalnya: pada 20 Maret 2014, Angkatan Laut Australia mengumumkan temuan puing-puing yang mengambang di Samudera Hindia, berdasarkan citra satelit. Kemudian sejumlah pesawat dan kapal dikerahkan ke area.

Empat hari kemudian, pengguna Facebook Salha Zain memposting video kapal pengangkut migas dan memberikan judul, "This is Indian Ocean..." Rekaman itu mengundang perhatian para netizen dan dibubuhi 40.346 'Like' dan di-share 102.006 kali. Simpati pengguna internet mengalir di komentar laman itu, mayoritas memuji aksi heroik para pencari.



Salha, blogger sekaligus sales produk kecantikan itu, secara intensif membagi kabar soal MH370 di laman Facebook-nya. Dengan itu ia berhasil menarik perhatian dan mendapatkan 'Like' 107.801 kali.

Media bereputasi seperti Telegraph dan Elite Daily, juga sejumlah televisi pun terkecoh.

Kekeliruan besar itu terkuak saat pengguna YouTube mempertanyakan di mana lokasi rekaman diambil. "Hai Salha, siapa yang merekam video itu? Apakah terkonfirmasi bahwa itu adalah rekaman di Samudera Hindia?" tanya pengguna Facebook, Anthony DeRosa.

Lalu, pengunggah rekaman yang asli, Ivan Zakryzheysk merespons, "Hai, aku yang mengambil (rekaman) itu di Atlantik. Di perairan barat Portugal, sekitar 60-80 mil dari lepas pantai."

Video asli, lihat tautannya di sini, diposting di YouTube pada 19 Januari 2013, saat Ivan berada di atas kapal tanker LPG Venere yang terjebak badai.

Senin malam lalu, Perdana Menteri Malaysia mengumumkan, pesawat Boeing 777-200ER itu dinyatakan berakhir di Samudera Hindia sebelah selatan. Tak ada seorang pun yang selamat. Namun, orang nomor satu di pemerintahan negeri jiran itu mengatakan, tak mudah untuk menemukan MH370 di tengah cuaca buruk dan ganasnya samudera. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

`Rute Sesat` Malaysia Airlines MH370

Fenomenal! Rumus Fisika Ini Kuak Misteri Malaysia Airlines MH370

Putri Pilot MH370: Berita Tentang Ayah `Membunuh` Keluargaku

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini