Sukses

Mahasiswa Korut Wajib Cukur Rambut Mirip Kim Jong-un

Jangankan potongan mohawk yang trendi. Para mahasiswa Korea Utara diharuskan mencukur rambut mereka meniru sang pemimpin, Kim Jong-un.

Liputan6.com, Pyongyang Jangankan potongan mohawk yang trendi. Para mahasiswa Korea Utara diharuskan mencukur rambut mereka meniru sang pemimpin, Kim Jong-un.

Sudah jadi pengetahuan umum, Pemerintah Korut mengatur kehidupan warganya dengan ketat, bahkan sampai urusan potong rambut.

Beberapa tahun lalu, pemerintah Korut meluncurkan kampanye patriotik melawan kejahatan rambut panjang. Dengan judul, "Mari memangkas rambut kita sesuai dengan gaya hidup sosialis".

Seperti Liputan6.com kutip dari ABC Australia, Kamis (27/3/2014), kunjungan ke salon diawasi ketat para polisi rahasia. Siapapun harus taat dan patuh mengikuti gaya rambut yang ditetapkan negara, 10 untuk pria, 18 untuk perempuan.

Tapi sekarang, khusus mahasiswa pria, mereka harus semirip mungkin dengan pemimpin tertinggi Kim Jong-un.  Pyongyang memperkenalkan UU baru soal potongan rambut dua minggu lalu.

Gaya rambut Kim Jong-un -- dua sisi dipangkas tipis, dengan bagian tengah lebih tebal lebih militeristik daripada ayahnya, Kim Jong-il. Gaya rambut Kim senior yang mekar, plus sepatu berhak tinggi yang ia pakai, disebut-sebut merupakan upaya untuk membuatnya terlihat lebih tinggi.

Menurut mantan penduduk Pyongyang sekarang tinggal di China, gaya rambut Kim Jong-un sebenarnya tidak populer karena menyerupai gaya 'penyelundup China'.  "Sampai pertengahan 2000-an , kami menyebutnya ' potongan rambut penyelundup China," kata sumber itu kepada Korea Times. Kini semua mahasiswa justru harus menirunya.

Jika aturan tersebut benar adanya, kewajiban memotong rambut mirip Kim Jong-un bertentangan dengan kebijakan sang pemimpin yang lain.

Awal tahun ini ia memutuskan bahwa wanita Korea Utara akan diizinkan untuk memakai celana, sepatu bersol tebal, dan bahkan anting-anting.  

'Terseksi di Dunia'

Masih soal gaya Kim Jong-un, editor di media terkemuka milik Partai Komunis China pernah didera malu luar biasa saat menyebarkan berita pemimpin muda Korea Utara, Kim Jong-un dinobatkan oleh The Onion sebagai "Pria Terseksi Tahun 2012".

Tanpa menyadari maksud sebenarnya dari situs satir Amerika Serikat itu.

"The Onion menyebut pemimpin agung Korut Kim Jong-un sebagai pria terseksi tahun," demikian dimuat People's Daily, seperti dilansir Daily Mail 27 November 2012.

Tanpa menyadari julukan itu sejatinya sindiran, media itu memuat foto putra Kim Jong-il itu sehalaman penuh, ketika pemimpin bertubuh subur itu menunggang kuda, bertepuk tangan, dan memberi cubitan sayang ke pipi anak-anak dalam kunjungannya ke sejumlah wilayah di Korut.

"Dengan ketampanannya yang luar biasa, wajah yang bulat, pesona anak mudanya, kuat dan kokoh, idola asal Pyongyang itu adalah adalah pria impian setiap perempuan yang menjadi nyata," demikian dimuat People's Daily edisi online Bahasa Inggris, mengutip The Onion.

"Dengan aura kekuasaan yang menyelimuti sisi dirinya yang mengemong, Kim membuat para editor di sini (Onion) takluk, dengan selera mode tanpa cela, potongan rambut menawan, dan tentu saja, senyumnya yang terkenal," demikian tulis editor Onion Marissa Blake-Zweiber, menyindir. "Ia memiliki kemampuan langka untuk tampil mengagumkan sekaligus macho secara bersamaan." (Yus Ariyanto)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.