Sukses

Gempa 4,5 SR Guncang Kota Jayapura, Warga Panik

Warga terbangun dari tidurnya dan berhamburan keluar dari rumahnya.

Liputan6.com, Jayapura - Gempa berkekuatan 4,5 skala Richter mengguncang Kota Jayapura dan sekitarnya. Gempa darat di 10 kilometer barat daya Kota Jayapura ini, terjadi sekitar pukul 05.00 WIT dan sempat membuat panik warga setempat.

Ida Inaya, warga Perumnas III Waena mengaku kaget dan terbangun akibat gempa ini. Warga sekitar Perumnas III juga terlihat berhamburan keluar rumah akibat gempa yang dirasakan sekitar 5 menit itu.

"Badan kita seperti digoyang, saya pikir siapa yang membangunkan tidur saya, ternyata gempa dan saya langsung berusaha keluar rumah," jelas Ida, ketika ditemui sesaat pasca gempa terjadi, Jayapura, Papua, Rabu (26/3/2014)

Berbeda dengan Amir, salah satu sopir truk pengangkut sampah ini saat gempa berlangsung tengah mengangkut sampah. Pria yang setiap subuh selalu mengangkut sampah warga di Kota Jayapura itu, menyaksikan rumah-rumah permukiman warga bergelombang, karena kuatnya goncangan gempa.

"Di jalan tadi, saya sempat menyaksikan rumah bergelombang, karena kuatnya gempa. Kabel listrik di jalan-jalan juga bergoyang hebat. Saya tidak sempat rasakan gempa, karena di jalan dan sedang membawa truk, namun anak buah saya yang memberitahukan, bahwa sedang terjadi gempa saat itu," ungkap Amir.

Badan Meteorologi, Klimatoligi dan Geofisika (BMKG) wilayah V Jayapura menyebutkan, lokasi gempa terjadi pada 2.61 Lintang Selatan dan 140.64 Bujur Timur. Gempa juga dapat dirasakan hingga Kota Sentani, Kabupaten Jayapura dan Kota Sarmi, ibukota Kabupaten Sarmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini